Ayo Datang ke Objek Wisata Bekas Bencana Alam

Ayo Datang ke Objek Wisata Bekas Bencana Alam

Keindahan danau Toba dan Pulau Samosir. Sumber: Shutterstock

Tidak selamanya bencana alam dapat membawa dampak buruk, ternyata bekas bencana alam bisa dijadikan untuk objek wisata, lho! Nah, beberapa tempat di Indonesia ini telah mengubah tempat bekas bencana alam menjadi objek wista. Check ‘em out!

Danau Toba

Danau Toba. Sumber: Shutterstock

Danau yang satu ini terkenal dengan luas dan besarnya di Indonesia. Tapi ternyata danau Toba yang terletak di Sumatera Barat adalah bekas letusan gunung berapi yang meletus sekitar 75.000 tahun yang lalu. Katanya sih, letusan gunung berapi ini menjadi yang terbesar dalam sejarah Geologi. Wah, ga nyangka banget ya? Namun, dengan luas sekitar 100 kilometer dan lebar 30 meter, sekarang danau Toba menjadi objek wisata yang diminati dalam negeri maupun luar negeri.

Lumpur Lapindo

Akibat bencana lumpur panas Lapindo Brantas. Sumber: Flickr

Peristiwa yang menimpa warga Sidoarjo pada 2006 lalu, menjadi luka yang amat dalam. Kawasan sekitar 600 hektar terendam oleh lumpur panas. Tetapi, biarkan peristiwa saat itu menjadi kenangan, kita harus tetap keep moving! Dibalik peristiwa tersebut ada hikmah yang didapat. Kawasan yang terendam lumpur panas lapindo telah dijadikan objek wisata. Bahkan, sekarang kawasan tersebut menjadi salah satu wisata yang di sering dikunjungi.

Pulau Sarinah

Sumber: Hipwee

Sudah tahu belum kalau di Sidoarjo punya pulau yang bernama pulau Sarinah? Pulau Sarinah ini merupakan salah satu objek wisata yang baru di Sidoarjo, Jawa Timur. Pulau ini terbentuk akibat buangan semburan lumpur lapindo tiada henti kesungai. Endapan buangan lumpur ini membentuk sebuah delta di muara sungai. Ngga di sangka banget kalau endapan ini ternyata kuat untuk dipijak. Bahkan masyarakat menanam tumbuhan agar tidak gersang dan ternyata tumbuh subur. Luar biasa ya? Bekas bencana alam bisa menjadi objek wisata yang indah.

Baca juga : YUK INTIP WISATA EDUKASI DAERAH POTENSI BENCANA

Rumah Teletubies

Rumah Teletubbies di Merapi. Sumber: Merahputih.com

Letusan Gunung Merapi yang menewaskan kurang lebih 4 ribu orang pada 2006 lalu, banyak relawan dan peneliti membuat rumah anti gempa untuk para pengungsi. Bangunan yang di bentuk mirip seperti bangunan rumah Teletubies, menjadi daya tarik orang banyak.

PLTD Apung 1

PLTD Apung 1, Aceh. Sumber: Indonesiakaya.com

Kedahsyatan gelombang tsunami di Aceh pada 2004 silam, ternyata masih meninggalkan jejak. Salah satunya adalah monument PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung di Desa Punge, Blancut, Banda Aceh. Pada saat terjadi gelombang tsunami, kapal seberat 200 ton terseret hingga jantung kota Banda Aceh sejauh 5 kilometer.

Kini kapal tersebut telah dijadikan sebagai objek wisata. Agar semakin menarik perhatian pengunjung berdatangan, pemerintah setempat melakukan renovasi dan memperindah lokasi.

Ngga nyangka ya tempat bekas bencana alam bisa menjadi objek wisata yang diminati banyak orang. Ada yang tertarik untuk mengunjunginya? (MA)

Sumber : Kumparan 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar