Yok, Ubah Gaya Hidup Tanpa Limbah Di Kantor!

Gaya hidup tanpa limbah memang agak sedikit sulit dilakukan bagi sebagian orang, Disasterizen. Tapi mau tidak mau harus kita lakukan, demi menjaga lingkungan yang sehat. Termasuk juga dalam lingkungan kantor!

Baca juga : JANGAN MEMBAKAR SAMPAH SEMBARANGAN, INGAT INI

Untuk memulai langkah awal mengubah gaya hidup tanpa limbah di kantor pastinya dimulai dari diri kita sendiri! Misalnya saja dengan membawa tas belanja, tumbler atau peralatan makan yang dapat digunakan kembali. Namun masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah dari aktivitas di kantor. Contohnya adalah mengurangi penggunaan kertas. Tidak hanya itu saja, masih banyak hal lain yang perlu diubah. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu contoh!

  • Siapkan Barang Reusable

Dengan barang yang bisa dipakai kembali, ini sangat membantu kamu untuk mengurangi sampah. Contoh kasusnya nih, ketika kamu ingin membeli makanan dan membawanya ke kantor, pakailah peralatan makan sendiri. Dengan memakai peralatan makan sendiri ini bisa mengurangi sampah sekali pakai lho.

  • Batasi Order Online Makanan

Dengan membatasi order online makanan dan membawa makanan sendiri dari rumah, selain menghemat dengan membawa makanan sendiri dari rumah pun bisa mengurangi sampah.

  • Gunakan Peralatan Kantor Dengan Mendaur Ulang

Tanya kembali pada dirimu, perlukah print sebuah kertas. Saat kita memutuskan untuk print maka gunakanlah setting 2-sided dan jika yang di-print adalah slide powerpoint, gunakan sebanyak slide yang memungkinkan di dalam satu kertas. Atau kamu bisa gunakan kertas bekas untuk print sebuah document.

Ada beberapa barang lainnya yang bisa didaur ulang, misalnya staples diganti dengan klip kertas/binder. Karena kalau menggunakan klip kertas atau binder bisa digunakan kembali. Selain itu, lakban atau tape plastik bisa ganti dengan gummed tape/lakban air, terbuat dari kertas dengan lem yang aman dan mudah terurai, serta dapat didaur ulang.

  • Mengusulkan Untuk Membuat Pilahan Sampah Di Kantor

Paling minimal adalah memilah organik dan non-organik, bisa juga bekerja sama dengan waste management company seperti Waste4Change atau Eco-Bali Recycle untuk membantu dalam pengambilan sampah.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengubah gaya hidup tanpa limbah di lingkungan kantor. Coba dong share, kamu sudah melakukan apa saja untuk mengubah gaya hidup tanpa limbah? Yuk komentar di kolom comment(MA)

Sumber : Zerowaste.id