yakuza

Wow, Yakuza Turun Ke Lokasi Bencana

Yakuza emang paling identik dengan pandangan negatif dalam beberapa kalangan orang. Misalkan saja, orang ketika mendengar kata Yakuza akan bilang pembunuhan, teror, bisnis kotor dan lain sebagai. Namun, jangan salah lho Disasterizen! Ketika Jepang beberapa kali dilanda bencana alam, Yakuza ini yang paling cepat tanggap dalam memberi bala bantuan.

Misalnya saja, ketika wilayah Kobe di Jepang mengalami gempabumi Great Hanshin pada Januari tahun 1995 silam. Salah satu sindikat Yakuza terbesar disana yaitu Yamaguchi-gumi segera turun tangan membantu mendistribusikan makanan serta air bersih kepada warga setempat yang terkena bencana. Juga membuat dapur umum di beberapa titik lokasi bencana.

Nah, 16 tahun kemudian tsunami dan gempabumi dahsyat melanda Tohoku di Maret 2011 lalu. Kemudian tiga sindikat Yakuza paling kesohor di Jepang (Inagawa-kai, Sumiyoshi-kai, yamaguchi-gumi) kembali menjadi yang terdepan dalam memberikan bantuan kepada korban bencana.

Mereka memberikan bantuan berupa pangan, baterai, senter, jaminan keamanan, tenda darurat, puluhan tempat donasi dan lain sebagainya. Dari ketiga Yakuza tersebut, Inagawa-kai lah yang menjadi pihak paling aktif saat itu. Dikarenakan sindikat ini memiliki akar yang kuat di daerah tersebut dan juga memiliki beberapa “blok” atau grup regional. Sementara itu, sindikat dari Kanagawa pun turut mengirim 70 truk ke Fukushima (daerah pusat nuklir dengan tingkat radiasi amat tinggi). Mereka ini menyebarkan tanpa perlindungan apapun.

April di tahun 2016, gempabumi terjadi di Pulau Kyushu tepatnya pada Kunamoto, lagi-lagi sindikat Yakuza lokal yang berhubungan dengan Yamaguchi-gumi, Daimon-kai juga dengan cepat membagikan bantuan seperti makanan, air bersih serta produk saniter.

Tindakan mereka ini ternyata ada dua hal yang perlu di telurusi, yang pertama adalah sindikat Yakuza menjadi pihak pertama dibandingkan dengan pemerintah yang mengirim segala bantuan kepada korban bencana saat Jepang mengalami bencana. Kedua adalah hal yang paling menarik, sekaligus tercengang. Karena mereka tidak ingin warga tahu kalau mereka mengirim bantuan tersebut.

Dilansir dari Tirto.id, salah satu anggota Yamaguchi-gumi yang ditemui Jake Adelstein dari Daily Beast, mengatakan “Kami telah berusaha semampunya untuk membantu, tolong jangan katakan apapun selain dari ini. Tidak ada pihak yang ingin disangkutpautkan dengan kami saat ini dan kami juga berharap donasi kami tidak ditolak”.

Wah kalian pasti tidak menyangka kan, kalau Yakuza lah yang menjadi pertama dalam memberikan bantuan dikala Jepang sedang mengalami bencana. Meskipun tidak luput dari hal negatif, tetapi Yakuza juga manusia biasa yang mempunyai hati. Keep Support! (MA)

Sumber : Tirto.id