sustainable fashion

Tren Gaya Berpakaian dengan Sustainable Fashion

Tren saat ini selain berdiet sampah plastik, sustainable fashion sudah menjadi tren yang diikuti oleh sebagain masyarakat. Namun kata “sustainable fashion” tak jarang orang mendengarnya. Lalu, apa itu sustainable fashion?

Apa itu Sustainable Fashion? 

Sustainable fashion atau mode berkelanjutan adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial. Sustainable fashion ini berfokus pada pengembangan praktik yang lebih berkelanjutan dalam seluruh siklus hidup pakaian, mulai dari perancangan dan bahan baku hingga produksi, distribusi, penggunaan, dan pembuangan. 

Pada dasarnya, sustainable fashion bertujuan untuk mengatasi beberapa isu kritis dalam industri fashion konvensional. Termasuk dalam penggunaan sumber daya yang berlebihan, polusi air dan udara, limbah tekstil yang besar, ketidakadilan sosial di sepanjang rantai pasok dan siklus konsumsi yang berlebihan. 

Baca juga : 8 KOMUNITAS YANG MENJAGA DAN MENERAPKAN ZERO WASTE

Apa Manfaat Penerapan Sustainable Fashion?

Sustainable fashion menjadi gagasan yang mendorong perubahan pada produk hingga sistem industri fashion, yang mana akan berdampak pada lingkungan. Lalu, apa sih sebenarnya manfaat dari penerapan konsep sustainable fashion ini?

  • Mengurangi Dampak Buruk pada Lingkungan

Manfaat sekaligus tujuan dari sustainable fashion ini adalah mengurangi dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan. Hal ini mencakup pengurangan emisi gas rumah kaca, penggunaan air yang lebih efisien, pengelolaan limbah yang baik, dan penggunaan bahan baku yang lebih ramah lingkungan. 

  • Mempromosikan Keadilan Sosial

Sustainable fashion juga memiliki tujuan untuk memperbaiki kondisi sosial dalam industri fashion. Hal ini meliputi memastikan kondisi kerja yang aman dan adil bagi pekerja di seluruh rantai pasok, termasuk di pabrik dan perkebunan. 

  • Mendorong Inovasi

Sustainable fashion juga mendorong inovasi dalam penggunaan bahan baku baru yang lebih berkelnjutan dan teknologi produksi yang lebih ramah lingkungan. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan solusi kreatif dan alternatif yang dapat mengurangi dampak negatif dari proses produksi dan siklus hidup pakaian. 

  • Meningkatkan Kesadaran Konsumen

Sustainable fashion berusaha untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang dampak industri fashion terhadap lingkungan dan sosial. Dengan menyediakan informasi yang transparan tentang sumber daya dan praktik produksi, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih berkelanjutan dalam membeli dan menggunakan pakaian. 

Hal ini bertujuan agar mengubah pola konsumsi yang berlebihan dan mendorong konsumen untuk memilih produk yang dibuat secara bertanggung jawab. 

Bagaimana Penerapan Sustainable Fashion?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan sustainable fashion. Berikut ini SiagaBencana.com rangkum untuk kamu!

  1. Pilih pakaian berbahan organik
  2. Daur ulang pakaian
  3. Mencuci pakaian dalam jumlah besar
  4. Preloved barang yang sudah tidak dipakai
  5. Pilih pakaian berkualitas

(MA)

Sumber : liputan6.com