Tips dan Trik Melindungi Diri dari COVID-19 untuk Tuna Netra

Tak jarang para disabilitas, khususnya tuna netra sering berinteraksi dengan orang lain. Hal ini membuat dirinya sangat rentan terjangkit virus corona (COVID-19). Maka dari itu, mereka perlu melakukan cara tersendiri untuk penanganan agar terhindar dari virus.

Nah seperti yang dilansir dari Kerjacovid.org, Dendy Arifianto seorang ASN (Aparatur Sipil Negara), yang kebetulan penyandang disabilitas netra akan menceritakan dan membagikan tips di kegiatan kesehariannya di masa pandemi dengan tetap terlindungi dari paparan virus. Yuk simak!

Baca juga : KRITERIA RISIKO DAERAH BERDASARKAN WARNA

Dendy mengatakan bahwa di masa pandemi seperti saat ini hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan pernah bersikap bodo amat (denial). Sebab, dengan adanya sikap seperti itu membuat penyebaran Covid-19 makin luas. Hal ini bisa berdampak pada angka kematian kian melonjak.

Selain jangan bersikap bodo amat, usahakan selalu tetap berada di dalam rumah. Meskipun tetap berada #dirumahaja, kita juga tetap harus menjaga silaturahmi dengan orang lain melalui video call atau social media. Sebab kerabat adalah salah satu yang bisa menolong dikala mengalami kesusahan.

Dendy juga bercerita dikala ia sedang memesan makanan melalui aplikasi online. Ia mencatat plat nomer dan nama sang driver. Lalu saat mengambil makanan dari aplikasi online, Dendy selalu menggunakan disinfektan, hand sanitizer atau cuci tangan, dan tongkat.

Saat Dendy mengharuskan keluar rumah dan berkontak langsung dengan orang lain, maka yang ia lakukan adalah selalu memakai masker, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir dan membawa disinfektan.

Itulah beberapa tips dan trik yang diberikan oleh Dendy dalam menjaga kesehatannya di kala pandemi seperti saat ini. Yuk bersama menjaga kesehatan dan mengurangi penyebaran virus corona, dimulai darimu! (MA)

Sumber : Kerjacovid.org