FAQ - TSUNAMI DAN LETUSAN GUNUNG ANAK KRAKATAU 2018 PART 2

FAQ - TSUNAMI DAN LETUSAN GUNUNG ANAK KRAKATAU 2018 PART 2

Sumber : Google

Bagaimana kita bisa mencari tahu info terkini terkait kebencanaan? 

Jawab :

  • Gunung api : Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)
  • Cuaca, Gempa, dan Tsunami : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  • Situasi terkait bencana : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

 

Saat bepergian ke sekitar wilayah pesisir Banten dan Lampun, apa yang perlu diperhatikan?

Jawab :

  • Sebelum pergi, mintalah informasi terkait situasi terbaru di tempat tujuan kepada pihak penyelenggara, travel agent, atau hotel. Pantau juga kondisi wilayah dengan mengakses InaRisk, MAGMA, dan Info BMKG. Bahkan bisa mengikuti perkemmbangan dengan memantau secara rutin rilis resmi BMKG dan PVMBG.
  • Saat tiba di lokasi, mintalah informasi terkait kesiapsiagaan bencana, termasuk jalur evakuasi, titik aman/tempat evakuasi, dan nomer telepon penting (misalnya polsek dan klinik terdekat).
  • Pelajari denah lantai dan ruangan kantormu, amankan benda-benda yang dapat membahayakan kamu bila terjadi bencana dan letakkan perlengkapan siap siaga di tempat yang mudah dijangkau.

 

Bagaimana cara melihat suatu berita itu hoax atau bukan?

Jawab : Pastikan informasi berasal dari sumber yang terpercaya dan lembaga resmi (misalnya BMKG, Badan Geologi atau BNPB). Tidak lupa baca seluruh informasinya dengan seksama sebelum meneruskan beritanya kepada kerabat, keluarga, atau orang lain. Lalu, bandingkan informasi dengan situs resmi atau media terpercaya lainnya.

 

Aku ingin membantu sebagai relawan, tapi apa ya yang bisa aku lakukan?

Jawab :

  • Daftar terlebih dahulu ke desk relawan BNPB, atau bergabung pada lembaga kemanusiaan yang melakukan respon di lokasi bencana.
  • Pelajari situasi, medan, dan kondisi lapangan sebelum berangkat. Cek penyakit yang umumnya terjadi, akses transportasi, komunikasi, dan jaringan listrik. Periksa kondisi makanan dan air bersih yang tersedia.
  • Siapkan alat pelindung diri dan perlengkapan siap siaga.
  • Bantulah rekan sesama relawan, saling menjaga, sempatkan bersenda gurau, serta jagalah kesehatan dengan menyempatkan makan, minum, dan istirahat cukup.

Baca juga : FAQ - TSUNAMI DAN LETUSAN GUNUNG ANAK KRAKATAU 2018 PART 1

Bagaimana nasib mereka yang tinggal di pulau dan pantai sekitar Gunung Anak Krakatau?

Jawab :

Bagi kamu yang tinggal di pulau dan pantai sekitar Gunung Anak Krakatau, kamu harus siaga letusan gunung api, tsunami, dan bencana lainnya, seperti :

  • Siaga Letusan Gunung Api

Untuk menghindari bahaya lontaran batu pijar, awan panas, dan abu vulkanik pekat yang mematikan warga dalam radius 5 km, perlu melakukan evakuasi.

  • Siaga Tsunami

Untuk menghindari bahaya tsunami susulan, tidak diperkenankan adanya aktivitas dengan jarak 500 m hingga 1 km dari garis pantai di pesisir Banten dan Lampung bagian Selatan, juga hindari bangunan yang retak.

 

Kapan para pengungsi kembali ke rumah masing-masing?

 Jawab : Saat Pemerintah Daerah sudah mengizinkan, berarti situasi sudah mulai membaik.

 

Sumber : U-Inspire

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar