sutopo meninggal

Selamat Jalan Sang Informan Bencana

Kalau mengenang sosok Sutopo Purwo Nugroho memang tidak ada habisnya ya Disasterizen! Kita telah ditinggalkan oleh ‘Sang Informan Bencana’ untuk selama-lamanya, akibat penyakit kanker yang dideritanya. Yuk mari kita kirim doa untuk beliau sesuai kepercayaan masing-masing. Serta untuk keluarga, kerabat, saudara yang ditinggalkan untuk tetap tabah!

Sebagai Kepala Pusat Data Informasi Bencana dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang mana tugasnya adalah memberikan kebenaran data dan informasi terkait setiap terjadi bencana. Sang Informan Bencana, Sutopo ini tidak pernah absen dan muncul ditengah-tengah kita dari media massa dan sosial media untuk selalu memberikan kebenaran informasi kebencanaan. Dimana tengah banyak terjadinya berita hoax yang tidak bertanggung jawab bertebaran, serta minimnya pengetahuan orang awam soal bencana.

Bagi sebagian orang memang ada yang belum mengenal sosok Sutopo ini. Mau lebih dekat dengan bapak Informan Bencana ini? Yuk kenalan!

  • Di Mata Media

Di mata para media, sosok Sutopo adalah pribadi yang pekerja keras. Sutopo pernah bilang kalau “Jangan pernah merasa besar karena jabatan, tapi besarkan jabatan itu di manapun kamu berada. Kerja keras dengan ketekunan dan doa. Orang-orang sukses itu dulunya banyak yang tersiksa dan menyiksa diri”.

Sutopo ini juga pernah cerita, bahwa pada masa lalunya penuh dengan keterbatasan dan tanpa sedikit pun ia merasa malu untuk mengakui kalau dahulu saat di sekolah dasar selalu pergi tanpa alas kaki. Juga, dahulu ia tinggal di sebuah kontrakan yang hanya beralaskan tanah.

  • Lulusan Terbaik

Sutopo merupakan lulusan Falkutas Geografi dari Universitas Gajah Mada. Ia merupakan lulusan pertama dalam angkatannya. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya MSc dan PhD pada 2008 lalu di Institut Pertanian Bogor di bidang hidrologi.

  • Pribadi yang Ramah, Humoris dan Informatif

Selain mempunyai pribadi yang pekerja keras, nampaknya Sutopo ini pun ramah dan humoris terhadap semua orang, terutama pada para jurnalis. Pria yang satu ini selalu sedia, sabar, dan ramah dalam melayani jurnalis dalam berbagi informasi terkait kebencanaan yang ada di Indonesia.

  • Tetap Sang Informatif Meski Berbaring di Rumah Sakit

Seperti yang sudah kita ketahui, kalau Sutopo menderita kanker paru-paru stadium 4 (akhir). Ia pamit kepada masyarakat Indonesia untuk pergi berobat selama 1 bulan di Guangzhou, Cina.

Walaupun sedang dalam pemulihan dikala itu, Sutopo mengaku masih tetap aktif bekerja sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB. Seperti dalam tweetnya di Twitter saat itu, “Meski sedang operasi di RSPAD saya tetap menyampaikan informasi longsor di Brebes. 5 tewas, 15 orang hilang dan 14 orang luka-luka. Semua saya lakukan lillahi taala. Agar masyarakat mendapat informasi bencana yang benar dan akurat. Harus tetap semangat melayani rakyat.” Ia tetap memberikan informasi secara akurat, meski dirinya tengah berada di ruang operasi.

Selamat jalan pak Sutopo, kami bangga akan pada dirimu! Kami selalu mengenang dan rindu akan gurauan dan informasi terakurat, terkini tentang kebencanaan darimu! Selamat jalan Sang Informan Bencana! (MA)

Sumber : IDN Times