gpdrr

Sejarah GPDRR Gimana Tuh?

Pasti bagi sebagian dari kamu tidak mengenal yang namanya GPDRR kan? Kalau mau tahu apa itu GPDRR, sebaiknya kamu klik ini dulu deh! Lalu seperti apa sih sejarah GPDRR itu? Kenalan yuk?

Awal sebelum pembentukan GPDRR ini, Inter-Agency Task Force (IATF) tentang Pengurangan Bencana, yang dipimpin oleh (UNISDR) bertemu secara teratur antara tahun 2000-2005. Tujuan dari IATF sendiri adalah berfungsi sebagai forum utama di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membahas masalah pengurangan risiko bencana, khususnya untuk menentukan strategi kerja sama internasional di semua tingkatan di bidang pengurangan risiko bencana.

Majelis Umum PBB mengadakan Konferensi Dunia tentang Pengurangan Bencana di Kobe, Jepang pada Januari 2008 dengan tujuan mencatat kemajuan dalam pengurangan risiko bencana yang dicapai sejak Konferensi Yokohama di tahun 1994 dan membuat rencana untuk sepuluh tahun ke depan. Koferensi ini kemudian menghasilkan Kerangka Aksi Hyogo.

Platform Global berikutnya, pada tahun 2007, 2009, 2011, dan 2013, memainkan peran kunci dalam penerapan Kerangka Kerja Hyogo dan membuka jalan bagi perjanjian penerusnya yaitu Kerangka Sendal, yang di adopsi pada Konferensi Dunia Ketiga PBB tentang Pengurangan Risiko Bencana pada bulan Maret 2015, lho!

GPDRR ini juga merupakan pertemuan tertinggi dunia di bidang pengurangan risiko bencana dan membangun ketahanan masyarakat serta negara GPDRR pertama kali diadakan di Jenewa, Swiss pada 5-7 Juni pada tahun 2007 lalu. (MA)

Sumber : U-Inspire dan GPDRR