polusi udara

Sayangi Paru-parumu Dari Polusi Udara, Yuk Ikuti Tips Ini!

Seperti yang kamu tahu, ibu kota Indonesia, Jakarta ini beberapa hari lalu telah diberitakan sebagai kota pencemaran udara nomer satu menurut AQI (Air Quality Index). Bahkan menurut standar yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia yaitu WHO, Jakarta sudah empat kali lipat melebihi batas aman pencemaran udara.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Nah, SiagaBencana.com mau ngasih tips nih untuk menjaga paru-paru kamu dari polusi udara, check it out!

  • Jangan Merokok/ Vape!

Jangan pernah kamu atau izinkan orang lain untuk merokok/vape di dalam ruangan. Ini akan menyebabkan ruangan menjadi penuh sesak dan menghirup udara kotor.

  • Gunakan Masker

Jika kamu ingin pergi ke luar rumah, ada baiknya kamu menggunakan masker untuk mencegah menghirup debu dan partikel kecil yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Jangan lupa gunakan masker N95!

  • Makan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari dampak radikal bebas yang tercipta karena pencemaran udara. Makanan yang banyak mengandung antioksidan ini terutama adalah buah-buahan serta sayuran segar. Misalkan saja seperti brokoli, jeruk, dan tomat.

  • Bersihkan Lantai, Boneka dan AC

Polusi udara pasti mengandung bahan kimia dan allergen yang terkumpul dan menumpuk di lingkunganmu, termasuk dalam rumahmu. Bahkan, bisa menempel pada barang-barangmu, seperti di boneka, lantai dan AC (air conditioner). Maka dari itu, kamu perlu mencuci mainan boneka untuk mengusir tungau debu. Demikian juga dengan seprai, cucilah untuk mengusir tungau debu. Kamu juga harus rutin membersihkan AC dan lantai ruangan.

Yuk mulai jaga kesehatan kita dengan melakukan hal-hal yang di atas ya! (MA)

Sumber : Kompas.com Halosehat.com