Anjing : Pendeteksi Virus Corona

Anjing : Pendeteksi Virus Corona

Sumber : voaindonesia.com

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anjing sangat mahir dalam menangkap tanda-tanda berkat indera penciumannya. Tidak sampai di situ saja, ternyata beberapa peneliti telah mengungkap bahwa anjing bisa mendeteksi keberadaan kanker paru-paru dalam sampel klinis, Selain itu, anjing juga bisa mengendus penyakit menular seperti malaria.

Medical Detection Dogs sebagai badan amal telah berhasil melatih anjing menemukan penyakit kanker, parkinson, dan infeksi bakteri. Mereka juga telah mendeteksi perubahan halus pada suhu kulit, sehingga berpotensi mengetahui apakah seseorang mengalami demam. Dari semua yang sudah didapat tersebut, Medical Detection Dogs meneliti ilmu di balik indra penciuman anjing dan percaya bahwa anjing mungkin dapat mendeteksi ancaman terbaru dari pandemi virus corona (Covid-19).

Prof. James Logan, kepala Departemen Pengendalian Penyakit di LSHTM mengungkapkan bahwa penyakit pernapasan bisa mengubah bau tubuh manusia, sehingga kemungkinan besar anjing yang telah dilatih ini bisa mendeteksinya.

Nantinya, anjing akan dilatih menggunakan indera penciumannya dengan melibatkan orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona dan tidak yang terinfeksi. Hal ini guna untuk membedakan bau yang terkait dengan virus corona. Anjing juga dapat mengidentifikasi siapa yang tidak sehat, sebab mereka pandai merasakan perubahan kecil dalam suhu kulit. Nah, jika pelatihan tersebut berhasill maka para peneliti percaya bahwa anjing pendeteksi medis mungkin dapat melakukan skrining penyakit pernapasan setelah hanya 6 minggu pelatihan.

Dalam jangka panjang, para ilmuwan berencana untuk menggunakan anjing yang terlatih secara khusus ini untuk ditempatkan di ruang-ruang seperti bandara, di mana mereka akan "mengendus" pelancong yang mungkin telah membawa virus. Ini akan membantu mencegah timbulnya kembali penyakit setelah kita mengendalikan epidemi saat ini.

Itulah salah satu inovasi yang tengah diusahakan para peneliti dalam upaya pendeteksian dini virus corona. Semogaa penelitian tersebut bisa terus dikembangkan dan menjadi salah satu cara untuk menghentikan virus corona di bumi ini. (MA)

Sumber : Halodoc.com 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar