Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia Wajib Diketahui Bagian 2

Sob, relawan penanggulangan bencana Indonesia saat ini memang sudah banyak. Misalkan saja beberapa relawan yang ada di artikel Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia Wajib Diketahui (Bagian 1)! Bukan cuma sampai sini, ada lagi beberapa relawan yang perlu kamu ketahui, simak!

Relawan yang Didukung Oleh Lembaga Usaha

  1. MPBI

Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI), didirikan pada 3 Maret 2003 adalah suatu organisasi yang tidak memperoleh keuntungan (nirlaba) yang terdapat praktisi, ilmuwan, dan pemerhati penanganan bencana dari sektor pemerintah, lembaga internasional, LSM nasional, para akademisi dan lainnya.

MPBI juga sarana penghubung antara organisasi dan lembaga penanggulangan bencana di Indonesia. MPBI adalah anggota Jaringan Pengurangan dan Respons Bencana di Asia (Asian Disaster Reduction and Response Network/ADRRN). Saat ini, MPBI mempunyai 3 (tiga) program, yakni 1) Kebijakan dan program Penanggulangan Bencana, 2) Profesionalisasi Penanggulangan Bencana, dan 3) Penguatan organisasi & keanggotaan.

  1. IABI

BNPB mengumpulkan dan membentuk sebuah asosiasi profesi (perkumpulan para ahli) yang diberi nama Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI). Anggota organisasi ini sebagian besar adalah para dosen dari 12 universitas untuk mengembangkan 12 master plan (rencana induk) ancaman bencana di tingkat nasional.

  1. HFI

Humanitarian Forum Indonesia (HFI) atau Forum Kemanusiaan Indonesia adalah sebuah jaringan yang melibatkan 14 organisasi masyarakat berbasis keagamaan yang bergerak dalam bidang kemanusiaan atau pembangunan, dari berbagai kelompok agama. Anggota forum saat ini terdiri dari Pusat Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (MDMC), Yayasan Tanggul Bencana Indonesia (YTBI), Yakkum Emergency Unit (YEU), Dompet Dhuafa, Karina, Wahana Visi Indonesia (WVI), Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM), Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Church World Service (CWS), Unit PRB Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Yayasan Rebana Indonesia (jaringan gereja Baptis), Rumah Zakat dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU). Di tingkat global, HFI juga mewakili Indonesia dalam komite penanggulangan bencana ASEAN dari kategori organisasi masyarakat.

Baca juga : JANGAN MEMBAKAR SAMPAH SEMBARANGAN, INGAT INI

  1. Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PLANAS PRB)

PLANAS PRB adalah sebuah forum yang dimiliki dan dilaksanakan di tingkat Nasional. Forum ini berfungsi mendorong aksi PRB diberbagai tingkatan dan mengatur, memberikan analisis serta saran dalam pengurangan risiko bencana.

  1. Forum PRB Daerah

Forum PRB Daerah dapat didefnisikan sebagai suatu forum yang mewadahi untuk mengelola kepentingan dan para pihak yang secara bersama-sama berbagi peran dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana. (MA)

Sumber : Buku Panduan Latihan Kesiapsiagaan Bencana BNPB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *