Wejangan Bencana Dari Sang Wayang Kulit

Wejangan Bencana Dari Sang Wayang Kulit

Sumber : Merahputih.com

Di saat ini memang semua serba modern, tapi bukan berarti kita harus melupakan kesenian tradisional. Perlu diketahui, kesenian tradisional yang kita miliki ternyata bisa dijadikan sebagai pengurangan risiko bencana lho, Sobat Disasterizen. Mengingat kalau negara ini adalah gudangnya bencana, ya kan? Salah satu contoh keseniannya adalah pagelaran wayang kulit ‘Semar Tambak’ yang berasal dari Jawa.

Pagelaran wayang kulit bisa dijadikan penyebarluasan pengetahuan tentang budaya sadar bencana kepada masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa mengenali ancaman bencana yang ada di sekitar wilayah tempat tinggal mereka, serta mampu mengurangi risiko ancaman dengan mengantisipasi langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam penanggulangan bencana.

Baca juga : KATAKAN DADAH KEBAKARAN PADA RUMAH TRADISIONAL

Bagaimana caranya seni bisa menjadi pengurangan risiko bencana? Ya gampang banget, Sob! Jadi nanti si dalang dari wayang ini akan menyelipkan pengetahuan tentang kebencanaan di sela-sela pertunjukkannya. Sehingga, selain masyarakat bisa terhibur dari pertunjukkan yang disuguhkan, masyarakat juga dapat ilmu tentang kebencanaannya.

Ternyata nih ya Disasterizen, cara pendekatan sadar bencana kepada masyarakat lewat kesenian ini juga dilakukan oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Justru, pagelaran kesenian ini sudah menjadi program tahunan BNPB yang diharapkan mampu mengenalkan kebencanaan kepada masyarakat sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

Di tahun 2019 saja, sudah ada lima lokasi yang didatangi BNPB dengan pagelaran wayang. Kemarin (6/10), BNPB baru saja melakukannya di Pandeglang, Banten. Sebelumnya dilakukan di Bogor, Gresik, Pekalongan, dan Karangasem Bali.

Nah kan! Sudah sepatutnya kita bisa sadar akan bencana dari sekarang. Bencana alam bukan lagi hal yang tabu dan menakutkan jika kita siaga dalam menghadapinya. Salam siaga bencana! (MA)

Sumber : BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar