Waspada Terhadap Virus Corona

Waspada Terhadap Virus Corona

Sumber: tempo.com

Virus Corona saat ini sedang banyak dibicarakan dan diwaspadai  oleh semua orang di belahan dunia ini, termasuk Indonesia. Saat ditemui oleh SiagaBencana.com di Gedung Graha BNPB, Jakarta (31/1/2020), Kementerian Kesehatan mengungkap data terkait jumlah warga yang diperiksa karena diduga terjangkit virus corona.

Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan, Endang Budi Hastuti mengatakan, sampai 30 Januari 2020 total kasus yang telah dikonfirmasi ada 7.818 kasus dengan 170 kematian (semua dari Cina). Di Indonesia sendiri, sampai dengan 30 Januari 2020, total ada 19 orang yang diperiksa. Namun, sembilan di antaranya sudah dinyatakan negatif.

Bahkan Jumat kemarin, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus Corona ini sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Maka dari itu, kita perlu waspada akan virus Corona ini, Sob! Cara mencegah penularannya, sebagai berikut!

  • Meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh dengan melakukan Gerakan Masyarakat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
  • Menerapkan PHBS dengan sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol.
  • Tidak mengonsumsi daging mentah atau daging hewan liar.
  • Menghindari kontak dengan orang sakit.
  • Jika mengalami gejala-gejala demam dan gangguan pernapasan, menghindari keluar rumah kecuali untuk berobat dan segera berobat.
  • Gunakan masker jika sedang sakit atau saat berada di tempat kerumunan orang dan menerapkan etika bersin/batuk.
  • Jangan bepergian ke Cina jika tidak terlalu perlu.
  • Bila kembali dari Cina dan muncul gejala demam, batuk, dan sesak napas saat sudah tiba di tanah air, agar segera berobat dan menyampaikan riwayat perjalanannya kepada dokter. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar