Waspada, Polusi Udara Menyebabkan Penyakit

Waspada, Polusi Udara Menyebabkan Penyakit

Sumber : Pinterest

Sobat Disasterizen, udara di ibu kota Jakarta memang sudah sangat parah. Udara yang sudah terkontaminasi oleh banyak zat kimia berbahaya ini membahayakan kita semua. Makanya kita harus tetap waspada akan polusi udara. Ada baiknya kamu baca dulu artikel ini ya untuk tips dan trik menjaga paru-paru dari polusi udara!

Baca juga : MENGULIK TRADISI UNIK KAMPUNG NAGA

Sudah baca kah? Selain kita mengetahui tips dan trik menjaga paru-paru dari polusi udara. Kita juga perlu mengetahui isi kandungan udara dan potensi bahaya yang tiap saat kita hirup. Ini dia!

  • PM 2,5 & PM 10

Isi kandungan udara yang sudah tercemar ini memang sangat beragam. Ya, salah satunya PM 2,5 dan PM 10 ini! Zat ini adalah partikelnya lebih kecil dari debu yang tidak bisa disaring bulu hidung. Besarnya 1/5 sampai 1/30 rambut kita. Zat ini bisa bikin kita alergi, infeksi bakteri paru-paru, bahkan sampai kanker. Seram ya!

  • CO (Karbon Monoksida)

Udara yang terkandung zat Karbon Monoksida bisa bikin kita pusing dan mual lho Sobat Disasterizen! Bahkan nih ya, jika kadarnya tinggi bisa bikin kita bisa jatuh pingsan dan lebih parahnya lagi meninggal.

  • NO2 (Nitrogen Oksida)

Bagaimana ya jika udara tercemar NO2? Kalau udara tercemar NO2 kamu akan terbatuk-batuk sampai parahnya adalah terkena asma dengan jangka panjang. Jika terkena air hujan, maka akan berubah menjadi asam sulfat.

  • H2 SO4 (Asam Sulfat)

Kalau asam sulfat ini sih jika terkena kulit kamu, bisa membuat kamu gatal-gatal dan iritasi mata. Kan kalau sudah begini tidak nyaman dan bikin kita menjadi garuk-garuk terus ya!

  • O3 (Ozon)

Yang ini pasti jarang orang ketahui! Ozon memang melindungi kita dari radiasi matahari, tapi kalau ada di permukaan mah bisa menyebabkan radang tenggorokan juga! Ada yang lebih parahnya lagi, yaitu bisa memperparah brokintis!

Parah banget bukan? Polusi udara memang sudah menjadi masalah yang serius. Coba saja kamu bayangin, udara yang selama ini kita hirup itu ternyata mengandung racun sangat berbahaya untuk tubuh kita. So, jangan lupa gunakan masker ya teman-teman Disasterizen! (MA)

Sumber : www.epa.gov

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar