Wah, Gunung Anak Krakatau Kembali Muncul

Wah, Gunung Anak Krakatau Kembali Muncul

Gunung Anak Krakatau hilang setengah badan, Sumber : detik.com

Citra Satelit TerraSAR-X asal Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), ini telah mengungkapkan bahwa Gunung Anak Krakatau muncul kembali ke permukaan laut setelah terjadinya longsor 2018 saat itu.

Di informasikan bahwa Pusfatja membandingkan citra satelit yang diambil tanggal 30 Agustus 2018 lalu itu sebelum terjadinya longsor, lalu 29 Desember 2018 setelah terjadinya longsor, kemudian 9 Januari 2019 yang tumbuh kembali.

Di tanggal 29 Desember 2018 saat itu, sangat terlihat jelas ada bagian badan yang hilang sebelah, setelah mengalami erupsi. Erupsi tersebut kemudian memicu longsor pada bagian barat - barat daya Gunung Anak Krakatau dan akhirnya memicu terjadinya tsunami di Selat Sunda. Total luas area yang hilang itu adalah sekitar 49 hektare.

Kemudian, 9 Januari 2019 ada perubahan pada area yang hilang pada Gunung Anak Krakatau. Yang tadinya sempat hilang telah muncul kembali. Wah secepat itu ya Disasterizen kembali munculnya permukaan area yang tadinya telah hilang! Kalau gitu, harus tetap waspada ya, jangan sampai lengah!

Sumber : Kumparan dan Kompas

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar