Tidak Bisa Menghentikan Bencana Alam, Ini yang DIlakukan Petra Němcová

Tidak Bisa Menghentikan Bencana Alam, Ini yang DIlakukan Petra Němcová

Petra Němcová. Foto: Hello Monaco.

Disasterizen kenal tidak dengan Petra Němcová? Petra Němcová ini adalah seorang supermodel Ceko yang selamat akibat dari tsunami pada tahun 2004 lalu. Ingetkan betapa dahsyatnya tsunami yang terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia dan Thailand. Nah, Petra ini salah satu yang selamat dari kejadian tersebut. Bagaimana dengan ceritanya?

Jadi, saat itu Petra Němcová ini sedang berada di Khaok Land, Thailand bersama tunangannya yang berprofesi sebagai fotografer bernama Simon Atlee. Pasangan ini sedang berjalan-jalan di tepi pantai, kemudian mereka melihat air surut di laut. Tetapi seperti wisatawan lainnya, mereka tidak tahu bahwa ini adalah tanda peringatan dari tsunami yang akan datang.

Saat mereka tiba di tempat penginapan, Petra dan tunangannya mendengar teriakan dan melihat para tamu lain keluar untuk melarikan diri dengan panik. Lalu, air gelombang besar datang dan menghantam dengan kekuatan yang tidak dapat di bayangkan dan menghancurkan bangunan sekitar. Terjangan gelombang tsunami yang begitu dahsyat, membuatnya terpisah dengan tunangannya dan kemudian Petra melihatnya untuk terakhir kalinya. Si Simon ini tersapu oleh gelombang besar tsunami yang melanda tempat penginapan mereka.

Petra mati-matian berusaha untuk berpegangan dengan atap bangunan. Lalu, gelombang besar itu pun menyeret Petra, kemudian ia berusaha meraih pohon Palem yang menjadi tempat berlindungnya. Ia berpegangan pada puncak pohon tersebut, terperangkap oleh puing-puing yang berkumpul di sekelilingnya. Serta, menyaksikan wisatawan dan penduduk lokal tersapu gelombang tsunami. Mengerikan!

Saat tsunami menerjang Thailand, Petra ini selamat dari gelombang besar tersebut dan terluka parah, mengalami patah tulang pinggul. Ia berlindung di pohon palem selama 8 jam sampai ia diselamatkan oleh warga sipil Thailand dan kemudian ia dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Hidupnya telah banyak berubah setelah kejadian yang menimpanya saat 2004 lalu. Ia membantu  membangun Happy Hearts Fund di Haiti, sebuah organisasi yang mendanai sekolah yang rusak akibat bencana alam. Petra juga tidak ingin lagi membahas tentang kehidupan pribadinya.

"Kita tidak bisa menghentikan bencana alam, tapi kita bisa mepersenjatai diri kita dengan pengetahuan. Akan ada banyak jiwa yang terselamatkan jika ada kesiapsiagaan yang memadai", begini kata Petra yang tepat hari ini (24/6) berusia 40 tahun.

Wah, pengalaman penyelamatan diri Petra dari tsunami pada 2004 lalu begitu memilukan ya Disasterizen(MA)

Sumber : telegraph.co.uk

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar