Siapkan Rumah Singgah Asap, Yuk

Siapkan Rumah Singgah Asap, Yuk

Sumber : Poskota News

Saat ini kebakaran hutan masih saja menyelimuti kita tiada hentinya. Semuanya menjadi terhambat dan susah jika terus-terusan seperti ini. Bahkan anak sekolah pun ikut diliburkan, karena terpapar kabut asap. Makanya diperlukan adanya sekolah aman asap! Eits, tapi bukan hanya sekolah aman asap saja ya Disasterizen. Kita juga perlu menyiapkan rumah singgah aman asap, lho.    

Rumah singgah asap ini biasanya berupa bangunan permanen yang sudah ada, namun di dalamnya disulap dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai bagi masyarakat yang memerlukan udara segar. Umumnya rumah singgah tersebut berupa aula/balai desa, stadion, atau gedung-gedung perkantoran.

Baca juga : BUKAN POHON SAJA, PLANKTON JUGA BISA MENGHASILKAN OKSIGEN

Di rumah singgah asap ini juga bukan hanya bangunan yang bebas dari asap saja, Sob. Tetapi, ada tenaga medisnya dan permainan edukasi. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa aman dan nyaman berada di rumah singgah asap ini. Belum cukup sampai di sini saja Sobat Disasterizen! Rumah singgah asap ini juga memiliki beberapa kriteria yang perlu kamu ketahui, seperti :

  • Berada dilokasi yang mudah diakses
  • Memiliki alat penyaring udara
  • Dilengkapi dengan AC (Air Conditioner) atau air purifier (penjernih udara)
  • Terdapat ruang khusus balita dan tempat bermain anak
  • Terdapat matras dan kasur dengan jumlah yang memadai
  • Terdapat dapur umum, serta fasilitas penting lainnya

Sekarang kalian sudah tahu kan rumah singgah asap itu seperti apa. Jadi kalau sewaktu-waktu kebakaran terjadi di daerah sekitarmu, kamu perlu membuat rumah singgah asap ini untuk menolong sesama. Mari lakukan perubahan, walau hanya setitik!  (MA)

Sumber : Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah (UNESCO & Departemen Kesehatan)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar