Siapin Tas Siaga Yuk

Siapin Tas Siaga Yuk

Infografis tas siaga bencana. Ilustrasi oleh Tim Redaksi Siaga Bencana.

Hello Disasterizen! Indonesia mempunyai 7 potensi bencana alam, lho! Yaitu gempabumi, tanah longsor, tsunami, erupsi gunung berapi, banjir, angin puting beliung dan kebakaran hutan. Maka dari itu, tidak perlu cemas jika bencana terjadi disekitar mu kapan saja dan dimana saja. Kesiapan menjadi elemen paling penting untuk perlu kamu ketahui dalam menghadapai bencana. Dengan mengetahui apa yang harus dipersiapkan dalam bencana, akan menyelamatkan kamu dan keluaga.  

Mungkin akan sangat merepotkan untuk mengemas barang secara bersamaan dengan waktu singkat. Tetapi, kamu perlu siapkan beberapa hal yang mungkin perlu kamu butuhkan selama evakuasi, kemudian siapkan perlengkapan tersebut dalam sebuah tas yang mudah dibawa. Kita bisa menyebutnya dengan tas siaga. Nah, apa saja sih isi dari tas siaga ini? Check ‘em out!

Baca juga: INFOGRAFIK: Tas Siaga Bencana.

Makanan dan Minuman

Persediaan makanan dan minuman adalah hal terpenting yang perlu kamu siapkan. Siapkan makanan yang tidak mudah basi dan dalam jumlah yang secukupnya.

Pakaian

Selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah cadangan pakaian dan selimut untuk setiap anggota keluarga. Masukan dalam tas dengan jumlah yang cukup, tanpa berlebihan.

Perlengkapan P3K

Perlengkapan P3K dan obat-obat an untuk kamu dan angota keluargamu jika memiliki penyakit tertentu.

Uang Tunai

Selama evakuasi kamu akan bertahan di posko bencana dan memakan waktu yang cukup panjang. Dengan kamu membawa uang, akan sangat berguna untuk membeli keperluan dan kebutuhan yang kamu butuhkan.

Alat Penerangan

Saat terjadi bencana, terkadang semua listrik akan padam. Maka dari itu, siapkan alat penerangan seperti senter yang diperlukan saat malam tiba.

Handphone, Powerbank atau Radio Kecil

Handphone, powerbank dan radio kecil menjadi barang yang sangat penting dalam keadaan genting. Handphone dan radio dapat digunakan untuk memantau sebuah informasi bencana dan menghubungi kerabat jauh atas keadaan mu saat itu.

Dokumen Penting

Bawalah dokumen penting yang dibutuhkan, seperti fotokopi kartu identitas, ijazah dan lainnya. Agar memudahkan para evakuasi mengenali dan menghubungi kerabat jauh kamu.

Peluit dan Masker

Dan yang terakhir adalah peluit sebagai alat bantu untuk meminta pertolongan. Jangan lupa membawa masker! Karena masker adalah sebagai alat bantu pernafasan untuk menyaring udara kotor.

Itulah barang-barang yang perlu kamu sediakan dalam tas siaga. Yuk kita siapin dari sekarang! (MA)

Sumber : Boxbreaker & BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar