Sebentar Lagi, Rayakan Hari Kemanusiaan Sedunia

Sebentar Lagi, Rayakan Hari Kemanusiaan Sedunia

Seminggu lagi kita akan merayakan Hari Kemanusiaan Sedunia, atau biasa dikenal dengan World Humanitarian Day! Perlu kalian tahu, setiap tanggal 19 Agustus seluruh dunia akan merayakan World Humanitarian Day.  

Hari Kemanusiaan Sedunia ini awalnya bertujuan untuk memperingati hari terjadinya pengeboman di kantor pusat PBB di Baghdad yang menewaskan 22 orang relawan kemanusiaan. Lalu, Hari Kemanusiaan Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 19 Agustus 2008 untuk meningkatkan kesadaran publik untuk dapat menjadi pelaku kemanusiaan dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan bantuan.

Tahun ini, Hari Kemanusiaan Sedunia datang ketika dunia sedang memerangi pandemi COVID-19 selama beberapa bulan terakhir hingga saat ini. COVID-19 inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi umat manusia di seluruh dunia, khususnya untuk para tenaga medis dan pekerja kemanusiaan lainnya.

Baca juga : RENTETAN SEJARAH GEMPABUMI SUMBA

Nah, Hari Kemanusian Sedunia di tahun ini mengusung tema #RealLifeHeros. Untuk Indonesia sendiri mengusung tema Festival Kemanusiaan 2020: Pahlawan Sekitar Kita (#PahlawanSekitarKita), yang mana untuk memberikan rasa terima kasih kepada seseorang yang rela mengorbankan hidupnya dan terus mendorong orang-orang untuk terus menolong sesama dalam keadaan seberat apapun, termasuk tenaga medis dan pekerja kemanusiaan lainnya di masa pandemi COVID-19.

Di Hari Kemanusiaan Sedunia tahun ini juga, akan menyoroti bagaimana masyarakat dan para pekerja kemanusiaan menghadapi COVID-19 yang dibungkus dengan cerita. Dari kisah-kisah tersebut ini akan menekankan realitas kemanusiaan (bahwa seringkali anggota masyarakatlah yang terkena dampak dan menjadi penanggap pertama). Kampanye ini juga untuk menyebarkan pesan global PBB tentang perlunya solidaritas dan kolaborasi global dalam menghadapi krisis global, seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim.

Hari Kemanusiaan Sedunia ini akan menyoroti #PahlawanSekitarKita yang membantu membangun dunia lebih baik, melalui radio atau media lainnya. Media-media tersebut inilah yang akan menyebarluaskan kisah mereka kepada para audiens.

Kementerian Sosial  bekerjasama dengan stakeholder lainnya, yaitu pemerintah, swasta, LSM, organisasi lintas agama, dan sebagainya, akan melakukan serangkaian kegiatan di bulan Agustus 2020 dan acara puncak pada tanggal 19 Agustus 2020.

Yuk ikut serta dalam perayaan ini Disasterizen! Hargai mereka yang membantu dalam hal kemanusiaan! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar