Rumah Adat Sulawesi Penyelamat Bencana

Rumah Adat Sulawesi Penyelamat Bencana

Sumber : Antara

Keanekaragaman budaya di Indonesia menjadi nilai tambahan untuk kita nih Disasterizen, terlebih dalam hal kebencanaan. Salah satunya dari masyarakat Kulawi, Sulawesi Tengah yang memiliki cara kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana gempabumi dan tsunami.

Masyarakat Kulawi memiliki cerita dan kepercayaan yang ditemurunkan kepada generasi berikutnya tentang kesiapsiagaan terhadap gempabumi dan tsunami. Selain cerita dan kepercayaan, mereka juga punya rumah adat dengan konstruksi bangunan tahan gempa dan tsunami, lho Disasterizen! Rumah tradisional dari Kulawi ini bernama Rumah Lobo. Rumah Lobo tersusun dari kayu, rotan, dan punya kaki yang mengangkat tubuh bangunan beberapa meter dari tanah.

Baca juga : TSUNAMIPEDIA PART 1

Nampaknya bukan hanya masyarakat Kulawi saja, Disasterizen. Di Desa Labean, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, rumah masyarakatnya menyerupai rumah panggung yang terbuat dari kayu juga.

Elemen terpenting dari Rumah Lobo dan rumah di Desa Labean adalah badan bangunannya terangkat oleh tiang-tiang kayu beberapa meter dari tanah. Bahkan ada saksi yang menceritakan rumah semacam itu bisa menyelamatkan mereka dari bencana gempabumi dan tsunami.

Saksi dari korban yang selamat pada tsunami pada tahun 1968 ini bernama Neneng. Ia bercerita bahwa dengan struktur rumah semacam itu berhasil menyelamatkan mereka.

 “Saat tsunami, fondasi kayu di bawah dan tiang-tiangnya hancur, tapi bagian rumahnya tidak. Kemudian rumah itu kayak perahu di atas air. Ia terseret sampai sawah dan penghuninya selamat,” ujar Neneng.

Namun sayang seribu sayang, seiring zaman, rumah Lobo dan rumah di Desa Labean terus berkurang. “Tradisi makin lama makin hilang atau menjadi bercampur dengan tradisi para pendatang,” kata Neneng.

Yah, sayang banget ya Disasterizen. Padahal kalau kita bisa menjaga dan merawat budaya yang sudah tumbuh dari nenek moyang, bisa menyelamatkan kita dari ancaman bencana. Mau contoh lainnya? Nih, cek di sini! Mulai dari sekarang kita jaga dan lestarikan budaya setiap suku yang ada di Indonesia ini, yuk! (MA)

Sumber : Kumparan

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar