Platform Digital IKETAN : Informasi Kesiapsiagaan dan Kondisi di Kelurahan Tanjung Benoa, Bali

Platform Digital IKETAN : Informasi Kesiapsiagaan dan Kondisi di Kelurahan Tanjung Benoa, Bali

Penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung serta berkolaborasi dengan BRIN, UI, BMKG, U-INSPIRE Indonesia, BPBD Prov. Bali dan BPBD Kab Badung mengenai Inovasi Komunikasi Efektif Evakuasi untuk Kesiapsiagaan Masyarakat dan Wisatawan terhadap Tsunami (IKETAN) di kawasan pariwisata Kelurahan Tanjung Benoa, Bali, telah menghasilkan sebuah produk penelitian, yakni platform digital IKETAN. Kegiatan ini juga melibatkan FPRB Tanjung Benoa, Bendesa Adat Tanjung Benoa dan stakeholder setempat lainnya. 

Pengembangan platform Digital IKETAN ini bertujuan untuk membantu menyebarkan informasi mengenai kondisi Kelurahan Tanjung Benoa, yang mana berisi informasi pariwisata, informasi potensi gempa dan tsunami, informasi jalur dan tempat evakuasi. Tidak hanya itu, platform ini pun dapat dikembangkan lebih jauh dengan menambahkan informasi-informasi lainnya, serta dapat dimutakhirkan secara berkala dengan informasi baru.

Dampak yang ditargetkan dalam pembentukan platform ini adalah ….

  • Pemerintah daerah, dalam hal ini Kelurahan Tanjung Benoa mendapatkan referensi praktik yang baik yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan pemulihan dari dampak Pandemi COVID-19.
  • Akademisi sebagai pelaksana utama kegiatan mendapatkan bekal materi dan keterampilan sesuai bidangnya, pengalaman penelitian, dan memiliki kesempatan mengaktualisasikan kepakarannya untuk pemulihan Bali.
  • Lembaga Usaha dalam hal ini pengelola Geowisata di Pulau Bali mendapatkan informasi tambahan yang dapat digunakan untuk pengembangan dan peningkatan ekonomi lembaga.
  • Media merupakan aspek penting dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini dapat memberikan informasi terbaru bagi media, dan yang kemudian dapat menjadi penghubung antara masyarakat, lembaga usaha, pemerintah.
  • Masyarakat sebagai mitra dapat menerima pengetahuan dan keterampilan melalui penelitian yang dikembangkan. Dalam hal ini masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat yang tinggal di Kelurahan Tanjung Benoa, Pengelola Hotel/Penginapan, dan wisatawan. 

Perlu diketahui, platform IKETAN tersebut dibangun dengan konsep Story Maps, yaitu blog yang dilengkapi dengan peta dinamis. Selain itu, platform ini dapat diakses masyarakat sekitar, wisatawan, dan pelaku perjalanan bisnis secara lebih luas.

Selain bermanfaat untuk masyarakat sebagai media informasi kesiapsiagaan, IKETAN juga bermanfaat untuk kegiatan internasional yang mulai akan banyak dihelat di Bali dan Tanjung Benoa, termasuk salah satunya Global Platform untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) pada bulan Mei tahun 2022. Untuk itu, IKETAN direkomendasikan dapat terus didukung pengembangannya ke depan dengan kerjasama institusi lokal dan nasional. 

Bagaimana caranya?
Kamu bisa langsung mengaksesnya platform IKETAN pada laman https://bit.ly/IKETAN.

Semoga dengan adanya penelitian dan platform digital IKETAN ini, kita bisa bersama-sama meningkatkan masyarakat siap terhadap segala ancaman bencana dan lebih sadar akan ancaman bencana. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar