Pentingnya Memilih Barang Dalam Donasi

Pentingnya Memilih Barang Dalam Donasi

Sumber : @iydrr

Belakangan ini kan Indonesia sedang dihantam berbagai macam bencana alam ya, seperti gempa, letusan gunung api, banjir, bahkan sekarang adalah kebakaran hutan. Dari peristiwa tersebut, pasti akan menimbulkan kerugian. Para korban yang terkena dampaknya akan dievakuasi ke tenda pengungsian.

Nah, mereka membutuhkan bantuan dari kalian Sobat Disasterizen! Eits tunggu dulu, tapi kamu tahu tidak kalau ada beberapa yang tidak di rekomendasikan untuk didonasikan kepada mereka. Apa saja tuh? Simak!

  • Pakaian Bekas

Saat bencana datang, memang korban bencana membutuhkan pakaian dari dirimu. Tetapi bukan berarti kamu ‘membuang’ baju kalian yang sudah jelek dan lusuh untuk disumbangkan. Bagi sebagian orang saat mendonaturkan pakaiannya, mereka memilih pakaian yang tidak layak pakai. Jumlahnya pun ada banyak, tapi bukannya membantu malah menambah tumpukan sampah Disasterizen.

  • Mie Instan

Mie instan memang mudah untuk dibawa kemana-mana dan gampang untuk dimasak. Tetapi, memakan mie instan cuma akan memperburuk kondisi kesehatan mereka, jika terus-terusan diberikan. Seperti yang sudah kamu ketahui, lokasi bencana yang kotor pasti bikin daya tubuh mereka ikutan menurun. Oleh karena itu, mereka memerlukan makanan yang bergizi, Sob.

  • Dirimu Sendiri

Ini yang terpenting! Kalau kamu belum pernah terlibat dan tidak siap mental saat berada di daerah bencana. Ada baiknya jangan ikutan ya! Karena bukannya kamu membantu, malah kamu yang dibantu dan menyusahkan. Atau kamu bisa ikutan menjadi relawan, tapi sudah harus siap dan mengetahui harus melakukan apa.

Itu dia yang tidak direkomendasikan untuk disumbangkan pada korban bencana Disasterizen. Lalu barang seperti apa sih yang harusnya disumbangkan?

  1. Pakaian Layak Pakai

Jika kamu ingin membantu teman-teman yang terkena bencana, ada baiknya kamu menyumbangkan pakaian yang masih layak pakai ya, Sob. Misalnya saja pakaian yang bersih, tidak compang-camping, rapi, dan lain sebagainya.

  1. Obat-obatan

Selain pakaian yang akan kamu berikan, kamu bisa memberikan obat-obatan. Ini malah yang terpenting disaat kondisi sedang genting. Berikan P3K kepada mereka yang membutuhkan.

  1. Air Bersih

Wah kalau yang satu ini juga perlu banget untuk mereka korban yang terkena dampak bencana. Ini adalah benda terpenting dan utama yang mereka butuhkan. Karena saat terjadi bencana, air bersih akan sulit didapatkan.

Baca juga : 3 LANGKAH TANGGAP TSUNAMI YANG WAJIB KAMU KETAHUI

  1. Pembalut, Popok Bayi, dan Pakaian Dalam

Pembalut, popok bayi, dan pakaian dalam ini menjadi kebutuhan para pengungsi wanita. Apalagi mereka yang sedang datang bulan, tentunya mereka membutuhkan pembalut. Begitupun juga dengan bayi yang sangat membutuhkan popok. Mereka akan tertular penyakit jika tidak berganti pakaian dalam, popok, maupun pembalut.

  1. Selimut

Saat berada tenda pengungsian, biasanya banyak pengungsi yang akhirnya jatuh sakit karena masuk angin atau tidak kuat dengan udara dingin. Maka dari itu, mereka memerlukan selimut untuk menghangatkan tubuh.

  1. Makanan Siap Santap

Makanan siap santap menjadi pelindung dikala bencana alam tiba. Makanan seperti, roti, susu, dan biskuit bisa kamu berikan kepada mereka. Setelah itu bisa kamu berikan makanan makan-makanan yang bergizi kepada para pengungsi agar mereka tetap sehat. (MA)

Sumber : IYDRR (Indonesian Youth on DRR) & Sekolah Relawan

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar