Pengendalian Pemanasan Global yang Wajib Diketahui

Pengendalian Pemanasan Global yang Wajib Diketahui

Sumber : Shutterstock

Seperti yang sudah kita tahu, pemanasan global sudah mengancam hidup kita. Jika kita tidak mengendalikannya, maka akan semakin bertambah parah dan dampak yang terjadi akan semakin merugikan kita semua. Lalu, apa sih yang bisa kita lakukan Disasterizen?

  • Salah satunya adalah mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut atau komponen karbonnya di tempat lain. Cara ini disebut juga dengan carbon sequestration (menghilangkan karbon).
  • Mengurangi produksi gas rumah kaca juga dapat mengurangi risiko pemanasan global. Sebenarnya ada banyak lho hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menurunkan efek gas rumah kaca, sehingga dapat memperlambat laju pemanasan global. Seperti apa?
  1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi
  2. Gunakan transportasi umum
  3. Menghentikan penebangan hutan
  4. Pencegahan kebakaran hutan
  5. Mengurangi sampah rumah tangga dan industri
  6. Lakukan penghematan energi
  7. Kurangi penggunaan bahan-bahan kimia yang meningkatkan efek rumah kaca
  8. Kembangkan energi alternatif
  • Selanjutnya adalah berhenti atau kurangi makan daging! com kasih tahu ya, dalam laporan yang berjudul Livestock’s Long Shadow: Enviromental Issues and Option, PBB mencatat bahwa 18% dari pemanasan global yang terjadi saat ini nih dikarenakan oleh industri pertenakan, yang lebih besar daripada efek yang dihasilkan oleh seluruh alat transportasi dunia. Seorang vegetarian dengan standar diet orang Amerika akan menghemat 1,5 ton efek rumah kaca pada tiap tahunnya!

Sumber : Buku Modul Perubahan Iklim BMKG

 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar