Peluncuran Produk Inovasi Covid-19

Peluncuran Produk Inovasi Covid-19

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 telah mengadakan Peluncuran Produk Inovasi Covid-19 yang bertema “Kebangkitan Inovasi Indonesia” pada Rabu, 20 Mei 2020.

Peluncuran produk inovasi tersebut dilakukan secara Live Streaming di kanal YouTube Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro.

Dalam acara tersebut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meluncurkan 55 produk inovasi dan riset covid-19 yang dibuat oleh peneliti Indonesia untuk menangani Corona Virus Disease 19 (COVID-19). 9 dari 55 produk inovasi utama dari berbagai lembaga penelitian baik pemerintah, perguruan tinggi, industri, dan swasta yang akan diluncurkan, diantaranya:

  1. PCR Test Kit
  2. Rapid Test Kit
  3. Ventilator karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, dan PT Poly Jaya.
  4. Produk Imunomodulator
  5. Plasma Convalesence.
  6. Mobile Lab BSL-2
  7. Artificial Intelligence untuk Deteksi covid-19
  8. Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR)
  9. Purifying Respirator

Dari berbagai macam produk dan riset untuk menangani virus corona tersebut, Joko Widodo optimis dengan masa depan industri alat kesehatan dalam negeri. Ia juga mengatakan kalau inovasi-inovasi karya anak bangsa yang ada saat ini sudah bisa membantu dalam penangan virus corona. Presiden berharap dengan adanya produk inovasi tersebut juga bisa mengurangi impor alat kesehatan. Maka dari itu, Presiden meminta agar produk inovasi dan riset ini dilakukan secara berkelanjutan. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar