Patut Lakukan 8 Langkah Ini Dalam Mengurangi Risiko Kebakaran Rumah

Patut Lakukan 8 Langkah Ini Dalam Mengurangi Risiko Kebakaran Rumah

Sumber : Kumparan

Bencana bukan hanya tentang alam saja Sobat Disasterizen! Bencana juga bisa terjadi akibat ulah kita sendiri, misalnya saja lalai saat memasak yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Memang betul perlu adanya sikap dalam kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana yang datang, tak terkecuali dalam kebakaran di rumah.

Kemudian, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko bencana terjadi kebakaran di rumah? Berikut ini SiagBencana.com akan membagi tips dan trik yang patut kamu lakukan dalam mengurangi risiko kebakaran di rumah.

Baca juga : BEGINI CARA AUSTRALIA MEMADAMKAN API TANPA AIR

Tips dan Trik Mengurangi Risiko Kebakaran

  • Pasang Smoke Detector

Smoke detector adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi adanya gumpalan asap. Jadi ini sangat penting dipasang sebagai tanda jika terjadi kebakaran, Sob. Pasanglah smoke detector ini pada setiap ruangan, misalnya di ruang tidurmu.

  • Periksa Smoke Detector Setiap Bulan

Selain kamu memasang smoke detector, kamu juga perlu mengecek alat tersebut masih bisa berfungsi atau tidak. Jangan malah hanya didiamkan saja ya! Tentukan jadwal setiap pengecekkan setiap bulannya, agar alat ini masih bisa terus berfungsi dan melindungi dirimu.

  • Punya Rencana Keluar Rumah Saat Kebakaran

Bukan cuma saat terjadi gempa saja yang kamu persiapkan, tapi saat kebakaran pun juga perlu disiapkan. Sebab, ancaman tidak ada yang tahu datangnya. Ya kan? Makanya perlu adanya rencana apa yang mesti dilakukan saat kebakaran terjadi. Selain itu juga perlu diadakan latihan evakuasi diri saat kebakaran dan dilakukan dua kali dalam setahun.

  • Sediakan APAR

Selain pasang smoke detector, kamu juga perlu menyediakan apar (alat pemadam api ringan)! Ini juga sangat penting, sewakti-waktu timbul percikan api dalam rumahmu.

  • Jangan Menggunakan Lilin!

Saat rumahmu mati listrik, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan lilin untuk penerangan. Tapi gunakan senter untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

  • Jangan Pernah Meninggalkan Lilin yang Masih Menyala

Perlu diingat, ketika terjadi kebakaran di rumah ini disebabkan oleh kelalaian kita. Untuk mengatisipasinya dengan jangan pernah meninggalkan lilin dalam keadaan masih menyala ya Sob! Sebab, ini bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

  • Jauhkan Korek Api Dari Anak-anak

Jangan pernah sekali-kalu kamu membiarkan anak-anak bermain dengan korek api. Jika lalai, ini bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

  • Jangan Merokok Dalam Rumah

Tidak hanya lilin saja yang bisa menimbulkan terjadinya kebakaran dalam rumah. Tapi, putung rokok pun juga bisa menjadi penyebab kebakaran. Ada baiknya untuk kamu yang perokok aktif, merokoklah diluar ruangan, ya! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar