Panduan New Normal Untuk Perusahaan

Panduan New Normal Untuk Perusahaan

Ilustrasi karyawan menggunakan masker saat di kantor. Sumber : Shutterstock

Sampai saat ini, vaksin untuk virus corona masih belum bisa ditemukan. Oleh sebab itulah, masyarakat mau tidak mau harus mengikuti new normal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian yang sebelumnya sudah melemah akibat wabah virus.

Baca juga: MANFAAT PSBB UNTUK KELUARGA

Nah, berikut ini adalah panduan new normal untuk perusahaan. Check it out!

  • Membentuk Tim Penanganan Virus Corona

Bagi setiap perusahaan wajib membentuk tim penanganan virus corona di tempat kerja yang terdiri dari; pimpinan, bagian kepegawaian, dan bagian petugas kesehatan. Setelah itu, wajib melaporkan setiap kasus yang dicurigai untuk dilakukan pemantauan. 

  • Menentukan Pekerja

Perusahaan juga wajib menentukan mana pekerja yang harus tetap datang ke tempat kerja dan dapat bekerja dari rumah.

  • Mengatur Waktu Kerja

Selain itu, perusahaan juga perlu mengatur waktu kerja agar tidak terlalu panjang (lembur). Serta, meniadakan jam kerja shift 3 (malam-pagi) bila tidak memungkinkan dan pekerja harus berusia di bawah 50 tahun.

  • Melakukan Pengukuran Suhu

Setiap perusahaan juga wajib melakukan pengecekan suhu kepada para pekerja, sebelum mereka memasuki ruangan. Lakukan pengukuran suhu dengan thermo gun dan self assessment risiko virus corona.

  • Gunakan Masker

Pada seluruh pekerja, diwajibkan menggunakan masker sejak dari rumah, saat bekerja, hingga sampai kembali ke rumah.

  • Kesehatan Lingkungan

Perusahaan juga wajib melakukan disinfektan secara berkala setiap 4 jam sekali dan menjaga kualitas udara tempat kerja. Serta, menyediakan sarana tempat cuci tangan atau hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70%.

  • Mengkampanyekan PHBS

Setiap perusahaan juga mengharuskan mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat kepada seluruh karyawan. Serta mengedukasi karyawan betapa bahayanya virus corona. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar