Palapa Ring : Tol Langit Tanggap Bencana

Palapa Ring : Tol Langit Tanggap Bencana

Sumber : tek.id

Sudah tahu kan Disasterizen, Palapa Ring itu apa? Yap, Palapa Ring adalah sebuah satelit yang digunakan untuk memancarkan sinyal akses internet ke seluruh Indonesia sekitar sepanjang 36.000 kilometer. Satelit ini juga dikhususkan untuk daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel serat optik Palapa Ring.  

Palapa Ring yang biasa disebut juga dengan ‘tol langit’ ini bisa digunakan dalam hal kebencanaan lho Disasterizen. Palapa Ring dapat digunakan untuk mempercepat penanganan kebencanaan seperti pengurangan risiko bencana, pasca bencana, maupun peringatan dini (early warning system).

Baca juga : SOBAT TULI TANGGUH BENCANA

Jadi dengan adanya Palapa Ring, akan membuat akses internet tetap hidup ketika terjadi bencana. Sehingga nantinya menjamin tidak terganggunya pemberitahuan informasi dan akses kepada masyarakat. Serta tentunya, agar dapat mengurangi dampak sebelum dan sesudah bencana.  

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Bambang Surya Putra mengatakan bahwa strategi BNPB dalam mengurangi dampak timbul pasca kejadian bencana adalah dengan memanfaatkan Palapa Ring pada tahun 2020.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa banyak desa di Indonesia rawan akan ancaman bencana. Dengan adanya Palapa Ring, 9 (sembilan) pilar revolusi industri 4.0, dan banyaknya IOT yang bisa dimanfaatkan di lokasi bencana.

Wah, semoga dengan adanya Palapa Ring ini bisa mengurangi risiko banyaknya korban yang berjatuhan ya Disasterizen. Serta, menjadikan masyarakat di negara kita ini menjadi tanggap akan terjadinya bencana. Salam siaga Disasterizen! (MA)

Sumber : BNPB

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar