Organisasi Kebencanaan Untuk Remaja Indonesia

Organisasi Kebencanaan Untuk Remaja Indonesia

Sumber : PMI (Palang Merah Indonesia)

Masih dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Peran pemuda Indonesia juga dibutuhkan dalam hal kebencanaan Disasterizen. Pemuda-pemudi tersebut biasanya membuat sebuah organisasi tersendiri dalam hal kebencanaan. Penasaran? Simak langsung cus!

Baca juga : HARI SUMPAH PEMUDA : PERAN PEMUDA DALAM KEBENCANAAN

Organisasi Remaja di Indonesia

PMI (Palang Merah Indonesia)

Kalau PMI sendiri mah sudah banyak orang mengenalnya ya? Bukan hal baru lagi dengan organisasi yang satu ini. Palang Merah Indonesia ini sudah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia, tepatnya sudah ada di 34 provinsi (baik di kabupaten maupun kota). PMI ini juga punya khusus untuk remaja, namanya PMR (Palang Merah Remaja). PMR berpusat pada sekolah-sekolah yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter remaja.

Taruna Siaga Bencana

Taruna Siaga Bencana adalah organisasi dibawah Kementerian Sosial. Di organisasi ini kamu bisa mendapatkan peningkatan kapasitas dalam mengurangi risiko bencana, bagaimana mendeteksi bencana sedini mungkin dan lain sebagainya.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)

PIK-R adalah Program Kelompok Remaja bentukan dari BKKBN (Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional). Dalam kegiatan penanggulangan bencana, BKKBN melibatkan PIK-R sebagai konselor sebaya remaja dalam memberikan dukungan psikososial untuk korban bencana di masing-masing daerah. Yang penting untuk kamu tahu, bahwa PIK-R ini sudah ada di seluruh provinsi Indonesia.

Nah, organisasi ini cocok untuk kamu remaja Indonesia yang ingin ikut berperan dalam kebencanan Sobat Disasterizen. Yuk ciptakan REMAJA SADAR BENCANA! (MA)

Sumber : Buku Saku Pedoman Remaja (Kementerian Kesehatan)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar