Menyulap Tong Sampah Bekas Jadi Tempat Cuci Tangan

Menyulap Tong Sampah Bekas Jadi Tempat Cuci Tangan

Sumber : timur.jakarta.go.id

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, salah satu upaya menghentikan penyebaran dan mematikan virus yang terdapat di tubuh adalah dengan mencuci tangan. Sudah banyak relawan, pemerintah, dan masyarakat sendiri membuat tempat cuci tangan di depan rumah atau sudut kampung, guna menghentikan penyebaran virus corona.

Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat tempat cuci tangan. Namun, siapa sangka, kalau tong sampah selain sebagai wadah untuk membuang sampah, juga bisa disulap dan dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencuci tangan. Salah sattu contohnya adalah masyarakat kelurahan Ciracas.

Masyarakat kelurahan Ciracas telah menggalakkan gerakan pencegahan penyebaran virus corona atau coronavirus disease (Covid-19) dengan menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk kelurahan Ciracas, kcamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Masyarakat Kelurahan Ciracas membuat tempat cuci tangan dari tong bekas yang disulap menjadi wadah berguna berserta dengan sabun cuci tangan. Tong sampah bekas ini dikemas dengan menarik dan digambar berupa tulisan ajakan untuk mencuci tangan pakai sabun. 

Lurah Ciracas, Rikia Marwan, menyebutkan, tempat cuci tangan ini disiapkan untuk pengunjung dan karyawan yang akan beraktifitas di kelurahan. Melalui penyediaan tempat cuci tangan ini berguna untuk memutus rantai virus corona yang sedang mewabah.

Baca juga : SAVE THE CHILDREN, CURHAT DONG

"Dengan adanya tempat ini kita untuk selalu rajin cuci tangan sebelum beraktifitas dan sesudah aktifitas," ujar Rikia, Senin (23/3/2020).

Rikia menambahkan, pembuatan tempat cuci tangan ini menggunakan bahan yang mudah dicari untuk dimanfaatkan menjadi barang berguna. Adapun pembuatan dilakukan oleh petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Ciracas.

"Nanti ada kita taruh personil PPSU yang mengontrol pengunjung dan karyawan untuk mencuci tangan sebelum memasuki kantor kelurahan," katanya. (MA)

Sumber : timur.jakarta.go.id

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar