Mengungkap Fakta Suhu Dingin di Indonesia

Mengungkap Fakta Suhu Dingin di Indonesia

Emben beku yang terjadi akibat suhu dingin di Dieng. Sumber : Kumparan.com

Saat ini memang Indonesia sedang mengalami suhu dingin yang ekstrem di beberapa wilayah. Misalkan saja di daerah Dieng yang mencapai suhu minus derajat. Juga terjadi di Malang yang memiliki suhu lebih dingin dari biasanya! Nah, SiagaBencana.com punya nih beberapa fakta terkait suhu dingin yang terjadi saat ini di Indonesia, simak ya!

  • Rekor Suhu Dingin di Dieng

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhi mengatakan, suhu udara terendah yang mencapai 11 minus derajat celcius ini tercatat sekitar Selasa, (24/6/19) pukul 06.00 WIB lalu di kompleks Candi Arjuna. Bulan ini memang suhu Dieng tercatat termasuk yang paling rendah.

  • Kejadian 20 Tahun Lalu di Malang Terulang

Kalau dilihat saat ini dinginnya suhu di awal kemarau, BMKG memprediksi iklim di Malang kembali seperti 20 tahun yang lalu. Pada 20 tahun yang lalu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Kabupaten Malang, Aminudin Al Roniri, kota Apel Malang ini pernah mencapai suhu terendahnya yaitu 14 derajat celcius. Kemudian suhu serendah itu belum pernah ditemui kembali. Sedangkan di tahun ini, kota Malang mencapai 15,6 derajat celcius.

  • Frost di Gunung Bromo dan Semeru

Frost atau embun yang membeku ini akibat suhu dingin terjadi juga pada Gunung Bromo dan Semeru. Ada tiga titik yang terdeteksi oleh Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yaitu Cemorolawang Lautan Pasir Gunung Bromo, Bukit Penanjakan dan Ranupani di lereng Gunung Semeru.

Forst pertama kali muncul di Ranupani pada 16 Juni lalu yang suhunya mencapai 2-8 derajat celcius. Sedangkan suhu di kawasan tersebut berkisar pada 10-12 derajat celcius pada siang hari.

  • Suhu di Yogyakarta Lebih Dingin

Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini mulai memasuki musim kemarau pada bulan April 2019 lalu, lho! Serta, puncak dari musim kemarau ini di DIY diperkirakan akan terjadi pada bulan Agustus 2019. Suhu dingin saat masuk musim kemarau merupakan hal yang wajar, sebab saat musim kemarau udara yang bergerak di atas wilayah DIY berasal dari Australia.

  • Gelombang Tinggi

Saat musim kemarau terjadi, berembus angin muson timur tenggara membawa massa udara dari Benua Australia yang sifatnya dingin dan kering. Nah, akibatnya terjadi gelombang tinggi laut di perairan Jatim. Maka dari itu, harus tetap waspada ya sobat Disasterizen! Juga, tetap jaga kesehatan akibat perbedaan suhu antara siang dan malam.

Sumber : Kompas.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar