Mengejutkan, Sejarawan Sudah Memperingatkan Pandemi

 Mengejutkan, Sejarawan Sudah Memperingatkan Pandemi

Sumber : historians.org

Sobat Disasterizen, ternyata sudah sejak tahun 1976 sejarawan sudah memperingatkan soal pandemi dari mutasi virus influenza lho. Sejarawan tersebut bernama William McNeill dari Universitas Chicago.

William McNeill telah menulis sebuah buku yang berjudul Plagues and Peoples pada 1976. Banyak pembaca saat ini menemukan buku tersebut adalah ramalan yang mengerikan untuk masa mendatang.

McNeil mengatakan dalam bukunya, bahwa sejak abad ke-20 obat-obatan secara efektif mengendalikan sejumlah penyakit mematikan (cacar dan polio), para pemimpin dunia justru menjadi puas diri. Namun, lonjakan populasi dunia akhirnya menciptakan sebuah “pergolakan ekologis yang luar biasa”. McNeill juga memperingatkan para pembaca, bahwa penyakit menular akan selalu ada dan bahkan menjadi hal yang mendasar dari catatan sejarah umat manusia. 

Dalam bukunya, ia menunjuk kemungkinan akan pandemik berikutnya, yakni bentuk mutasi dari virus influenza.  McNeill mencatat, bahwa virus influenza tidak hanya sangat menular, tetapi juga tidak stabil. Dengan demikian, menurutnya manusia akan sangat bergantung pada para peneliti yang secara terus-menerus mengembangkan vaksin influenza baru yang harus segera diproduksi secara massal.

McNeill berteori bahwa manusia itu sendiri adalah sejenis penyakit atau mikroparasit dari inangnya, yakni bumi. Dia memperingatkan, jika manusia memberi tekanan terlalu besar pada Bumi, hal itu akan menghancurkan dirinya sendiri. (MA)

Sumber : National Geographic

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar