Membuat Pencegahan Tanah Longsor Yuk

Membuat Pencegahan Tanah Longsor Yuk

Tirto.ID

Tinggal di daerah pegunungan, lembah atau bukit biasanya akan rentan terjadi bencana tanah longsor. Dari proses erosi dan pengendapan akan sangat mungkin terjadi pada daerah bukit atau pegunungan yang tidak memiliki lereng yang stabil. Siagabencana.com mempunyai cara mencegah terjadinya tanah longsor, mari simak!

  • Tidak Membuat Kolam Atau Sawah Di Atas Lereng

Dalam pengupayaan pencegahan terjadinya tanah longsor, jangan pernah membuat kolam atau sawah diatas lereng. Hal ini dikarenakan malah membuat semakin meningkatkan peluang terjadinya longsor. Adanya tebing curam, lahan yang gundul, serta diatasnya ada kolam dan sawah yang dipenuhi air tentu akan menekan permukaan tanah sehingga tanah rentan tergeser, merubah dan mengakibatkan longsor.

  • Tidak Mendirikan Rumah Di Bawah Tebing

Jika kamu ingin mendirikan rumah ada baiknya pilihlah lokasi yang aman, jangan pernah mendirikan rumah di bawah tebing. Pililah lokasi yang aman dari jangkauan runtuhan tanah saat longsor. Jika tinggi tebing 100 meter, usahakan lokasi rumah berjarak jauh 250 meter dari kaki lereng, ya!

  • Tidak Menebang Pohon Di Sekitar Lereng

Jangan pernah menebang pohon di sekitar lereng! Dikarenakan pohon dapat menahan dan menstabilkan tanah. Akar dari pohonan itu menyebar dan saling bersinggungan sehingga bisa membantu tanah tidak mudah longsor.

  • Tidak Memotong Tebing Secara Tegak Lurus

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya tanah longsor adalah tidak memotong tebing secara tegak lurus. arena akan mengurangi daya penahan tanah terhadap tanah yang berada di atasnya. Walaupun di atas lereng masih terdapat pepohonan, namun jika badan tebing terpotong secara tegak lurus, bagian bawah tanah akan kehilangan penopang. Maka akan mudah menimbulkan terjadinya tanah longsor.

  • Membuat Terasering

Jika suatu lahan miring, terpaksa harus membuat terasering guna pencegahan terjadinya tanah longsor. Buatlah dengan sistem bertingkat untuk memperlambat run off (aliran permukaan) ketika hujan. Tapi, jangan lupa lho atur saluran air supaya tidak ada air yang tergenang di lereng. Dengan demikian semakin jauh potensi terjadinya tanah longsor.

  • Lakukan Upaya Mencegah

Jika ditemukan retakan pada tanah, maka segeralah tutup retakan itu dengan tanah liat. Agar tidak banyak air masuk pada celah retakan tersebut. Selain itu pula, dengan menjaga kelestarian tumbuh-tumbuhan di sekitar tebing bisa menjadi salah satu upaya penvegahan yang efektif.

  • Memberikan penyuluhan kepada Masyarakat

Masyarakat sudah terus dihimbau agar terus bersiap siaga jika tanah longsor tiba. Dengan memberikan penyuluhan tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi tanah longsor, akan membuka wawasan dan kesadaran dari masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya bencana.

  • Harus Ada Campur Tangan Pemerintah

Penyuluhan kepada masyarakat akan lebih tepat sasaran jika dibuat peraturan tegas terkait pelanggaran aturan. Karena itulah, harus ada campur tangan pemerintah atau pihak yang berwenang untuk membuat aturan atau sanksi tegas pada para pelanggar, agar mereka jera dengan tindakannya. Dengan demikian akan menekan risiko terjadinya kerusakan hutan di area lereng.

Sumber :  Ilmugeografi.com 

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar