Melelehnya Jakarta Seminggu Kedepan

Melelehnya Jakarta Seminggu Kedepan

Sumber : timesbanyuwangi

Kalian yang berada di Jakarta, ngerasa nggak kalau sekarang pada siang hari bahkan pagi hari pun cuaca terasa sangat terik? Memang sudah sejak dari hari Sabtu hingga hari ini (22/10), suhu di wilayah DKI Jakarta terasa panas. Bahkan bukan hanya di Jakarta saja, di beberapa daerah lain pun juga merasakan hal yang sama.

Badan Geologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan dari hasil pantauannya persebaran suhu panas ini dominan berada di selatan katulistiwa, salah satunya di pulau Jawa sampai Nusa Tenggara. BMKG juga menjelaskan kalau suhu panas ini berkaitan dengan gerak semu matahari.

Baca juga : LEBIH DEKAT DENGAN PERUBAHAN IKLIM YUK

Kondisi semu matahari ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan Bumi di wilayah selatan kahtulistiwa menjadi lebih banyak. Sehingga menyebabkan meningkatnya suhu udara pada siang hari. Bukan hanya itu saja, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan pun relatif kering dan sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas teriknya matahari.

BMKG pun menilai bahwa suhu yang terik dan panas ini bisa terjadi hingga seminggu ke depan! "Dalam waktu sekitar satu mingguan ini masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya," kata Miming Saepudin, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca (BMKG).

Maka dari itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar terus mengonsumsi air putih, jaga kesehatan, mengenakan pakaian dan menggunakan lotion anti sinar uv yang melindungi kulit dari sinar matahari jika berada di luar ruangan, sehingga tidak gampang terserang penyakit. Atau kamu bisa baca infografis yang satu ini dalam menghadapi gelombang panas. Klik saja kata 'infografis' nya! (MA)

Sumber : BMKG & Kompas.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar