Mantul, Sampah Plastik Menjadi Ubin

Mantul, Sampah Plastik Menjadi Ubin

Sumber : Trashpresso

Kalau berandai sampah plastik dijadikan ubin bisa tidak ya kira-kira, Sob? Pasti pada tidak percaya kan kalau ternyata sampah ini juga bisa lho dijadikan hal yang berguna, bukan hanya menjadi musibah saja.

Kalau kemarin kita sudah mengetahui sampah bisa lenyap menjadi abu dalam sehari. Kini sampah bisa menjadi sumber yang bermanfaat, yaitu ubin. Insinyur dan pengusaha Arthur Huang mengatakan kalau sumber uang bukanlah saham atau Bitcoin, tapi dari tempah sampah sendiri. Ia memiliki inovasi mesin bertenaga surya yang bernama Trashpresso, Sob!

Baca juga : SAMPAH MENJADI ABU DALAM SEHARI

Trashpreso ini ternyata bisa menyulap sampah plastik menjadi bahan yang dapat digunakan untuk membuat dinding dan ubin. Trashpresso berada dalam truk container sepanjang 12 meter, yang bisa dibawa ke lokasi terpencil jika membutuhkan pembersihan.

Mesin ini nantinya bisa mencuci, mencabik-cabik, melelehkan dan kemudian mencetak sampah plastik menjadi lapisan ubin atau dinding. Miniwiz yang merupakan produsen Trashpresso mengatakan, bahan tersebut cocok untuk digunakan sebagai ubin di dalam maupun luar ruangan. Jadi lima botol plastik setara dengan satu ubin dan Trashpresso ini mampu memproduksi ubin seluas 10 meter persegi setiap 40 menit.

Mesin ini merupakan prototipe dari teknologi daur ulang di masa depan,” ujar Huang. Sob, sejauh ini Huang telah membuat dua mesin Trashpresso. Mesin tersebut diangkut ke beberapa lokasi pedalaman seperti Yushu, kota kecil di dataran tinggi Tibet.

Proses penghancuran sampah plastik

Baca juga : TANAMAN YANG DIUNTUNGKAN DARI KEBAKARAN HUTAN

Faktanya nih, tidak peduli ke mana pun Trashpresso pergi, selalu ditemukan banyak plastik untuk dicabik dan dipadatkan. Ini membuktikan sampah plastik kalau didiamkan saja akan selalu menumpuk dan akan menjadi sumber masalah di belahan dunia ini.

Sudah sejak tahun 2005 lho, Trashpresso ini telah mengubah sampah plastik menjadi mebel, aksesoris, bangunan. Ini makin membuat banyak orang berpikir bahwa sampah plastik bisa disulap menjadi uang. Di Indonesia sendiri sampah plastik juga sudah didaur ulang menjadi berbagai barang yang bermanfaat, misalnya saja menjadi tas.

Hasil dari daur ulang sampah plastik

Udah semakin banyak saja deh inovasi-inovasi yang dikeluarkan di belahan dunia ini. Semoga dengan banyaknya inovasi seperti ini bisa semakin mengurangi sampah, juga menjaga alam kita ini ya Disasterizen. Apa diantara kalian ada cara ‘rahasia’ untuk mengurangi sampah plastik yang semakin menumpuk? Yuk coba komen di kolom komentar! (MA)

Sumber : Trashpresso.com & National Geographic

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar