Manfaat Aplikasi Walkie-Talkie Saat Bencana

Manfaat Aplikasi Walkie-Talkie Saat Bencana

Ilustrasi badai Harvey, Texas, pada 2017 silam. Sumber: Shutterstock.

Sobat Disasterizen.

Ketika sebuah bencana alam terjadi, baik itu tsunami, gempabumi, puting beliung, banjir, atau apapun itu, salah satu hal vital yang akan mati adalah sarana komunikasi. Rubuhnya tiang-tiang telekomunikasi mengakibatkan komunikasi yang terhambat di sana-sini, dan itu sangat memperlambat proses evakuasi.

Pertanyaan nya, ada nggak sih, aplikasi untuk komunikasi yang masih bisa stay on bahkan dalam medan berat dan sinyal selemah 2G sekalipun?

Jawabannya, ADA!

Perkenalkan: aplikasi Zello PTT Walkie Talkie

 

Zello adalah sebuah aplikasi komunikasi radio dua-arah yang berfungsi layaknya walkie-talkie. Bedanya, walkie-talkie memiliki keterbatasan daya tangkap radius, sedangkan Zello bisa menjangkau seluruh dunia! Menakjubkan, bukan? 

Dengan segenap fitur nya, aplikasi ini hanya berukuran kurang lebih 17 MB.

 Turn your phone or tablet into a walkie talkie with this lightning fast free PTT (Push To Talk) radio app. Talk to your contacts privately or join public channels to engage in a hot debate.”

“Ubah ponsel atau tablet Anda menjadi walkie talkie dengan aplikasi radio PTT (Push To Talk) cepat gratis ini. Bicaralah dengan kontak Anda secara pribadi atau bergabunglah dengan saluran publik untuk terlibat dalam debat panas. "

 -Zello via Appstore

Dengan cakupan yang sangat luas, aplikasi ini sangat penting terlebih di saat-saat genting seperti paska bencana alam dan tidak ada sinyal yang memadai untuk berkomunikasi. Sobat Disasterizen hanya tinggal mencari kanal yang ingin sobat kunjungi, lalu menekan tombol mikrofon dan berbicara.

Membantu misi penyelamatan badai Harvey, Texas.

Nah, setelah kamu tahu apa fungsinya, apakah aplikasi ini benar-benar pernah digunakan untuk misi penyelamatan?’

Jawabannya, YA!

Ketika badai Harvey melanda Amerika Serikat, terutama di kawasan Houston, Texas dan sekitarnya, aplikasi ini berperan besar dalam penyelamatan korban, loh. Seperti yang dilansir oleh observer.com, para penduduk Texas menggunakan aplikasi ini untuk tetap terhubung dengan komunitas penyelamat lainnya dalam saluran-saluran seperti CajunNavy, Texas Search and Rescue, The Cajun Navy Dispatch, dan Boastertexas.

Tentu saja, selain berbekal aplikasi ini, kita juga harus membekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan terkait bencana alam lainnya. Karena itu, lanjutkan dengan membaca tulisan-tulisan kami di bawah ini, ya!

Ingat, sedia payung sebelum hujan. Sedia pengetahuan sebelum badai menghadang! (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar