Laga Siaga : Permainan Yang Mengedukasi

Laga Siaga : Permainan Yang Mengedukasi

Sumber : boardgame.id

Permainan digital saat ini memang sedang marak-maraknya. Semakin banyak permainan digital yang beragam menjadi minat untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski begitu, ini bisa berdampak negatif untuk dirimu, lho. Bisa membuatmu menjadi pribadi yang anti sosial. Ada baiknya papan permainan dan permainan tradisional jangan pernah ditinggalkam ya Disasterizen.

Papan permainan ini tidak kalah serunya dengan media permainan lain. Permainan ini juga bisa menjadi wadah untuk mengajarkan anak pada kesiapsiagaan bencana. Misalnya saja seperti permainan ‘Laga Siaga’.

Permainan ini ide designer bernama Allez M. Tangidy. Allez tidak sendirian nih Disasterizen, permainan ini ia ciptakan bersama dengan Muhammad Adharamandika atau biasa dipanggil Rama. Mereka berdua ini adalah mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) di ITENAS. Ternyata permainan ini juga merupakan bagian dari tugas akhir Rama, lho.

Disini saya mendesain mekanisme board gamenya. Rama bertugas di bagian ilustrasi,” Allez menanggapi.

Allez merancang satu papan permainan sebagai media pengajaran gempabumi kepada masyarakat. Permainan ini dibuat berdasarkan pengalaman hidupnya. Kepo dengan pengalaman hidupnya? Kuy baca teros!

Baca juga : KUY BELAJAR KESIAPSIAGAAN BENCANA LEWAT GAME

Kisah Hidup Allez M. Tangidy

Dengan papan permainan ini, ia membagikan keresahannya tentang informasi seputar gempabumi untuk masyarakat, khususnya yang terjadi di kampung asalnya ini (Lampung). Jadi pada tahun 2005 lalu, kehidupan penduduk Lampung sering merasa tidak tenang dikarenakan banyaknya berita tentang gempa dan tsunami yang akan menerjang wilayah mereka.

Pada tahun 2005 kehidupan penduduk Lampung sering tidak tenang karena banyak berita tentang tsunami dan gempa, jadi semuanya harus dievakuasi” ujar pria yang biasa disapa Allez ini, berdasarkan lansiran Boargame.id.

Tetapi, tak jarang juga berita yang telah diterimanya itu ternyata berita hoax (tidak benar). Meskipun demikian, rasa panik tetap dirasakan penduduk hingga menjadi rusuh. Dari kejadian ini, Allez mengamati kalau banyak masyarakat tidak tahu harus berbuat apa sehingga malah berakibat fatal.

Saat itu banyak keluarga terpisah, lansia yang terluka, bahkan menelan korban jiwa karena terinjak oleh massa.” imbuhnya lagi.

Laga Siaga

Permainan ini berjudul ‘Laga Siaga’, berkisah tentang lima tokoh yang terlibat dalam pencegahan risiko bencana dari Presiden. Kelima tokoh ini dengan latar belakang yang berbeda-beda. Kelimanya berlomba menjadi karakter yang paling siaga dalam menghadapi bencana alam.

Permainan Laga Siaga dilihat dari dekat. Sumber: boardgame.id

Selama enam ronde, pemain akan mengunjungi berbagai tempat untuk menyiapkan diri dari bencana. Misalnya saja seperti mengumpulkan pengerahuan, menyiapkan mental, menjaga kebugaran tubuh, persiapan P3K dan lain sebagainya. Nah, nantinya pemain dengan poin siaga terbanyaklah yang keluar sebagai juara.       

Cerita dan alur permainan yang menarik dan mudah dimengerti inilah, permainan Laga Siaga mendapat banyak respon positif saat dicoba oleh beberapa mahasiswa di lingkungan kampus.  “Game ini pun banyak dipuji oleh dosen penguji Rama dan masuk dalam 5 topik tugas akhir terbaik.” jawab Allez.

Wah semakin banyak saja nih daftar permainan untuk kesiapasiagaan terhadap ancaman bencana di Indonesia. Semoga dengan adanya permainan seperti ini, masyarakat paham dan bisa mengurangi terjadinya korban berjatuhan akibat bencana yang datang. Kuy dukung karya anak bangsa, menuju bangsa menjadi siaga bencana! (MA)

Sumber : boardgame.id

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar