Kursus Keluarga Siaga Bencana, Mau

Kursus Keluarga Siaga Bencana, Mau

Sobat DIsasterizen, dalam bencana, satu detik sangatlah krusial untuk menentukan selamat atau tidaknya seseorang. Dalam gempa saja, jika kita terlambat beberapa detik untuk drop, hold, & cover, bisa jadi kita sudah tertimpa atap reruntuhan rumah kita. Supaya kita tidak grogi dan panik dalam menghadapi bencana, edukasi adalah solusinya.

Ini faktanya. Menurut buku Panduan Kesiapsiagaan Bencana untuk Keluarga yang dikeluarkan oleh BNPB pada tahun 2018 kemarin, berikut adalah presentase korban selamat dari gempabumi besar Hanshin, Jepang, pada 1995 silam.

  • 34.9% menyelamatkan diri sendiri
  • 31.9% ditolong oleh anggota keluarga
  • 28.1% ditolong oleh teman/tetangga
  • 2.6% ditolong oleh orang lewat, dan
  • 1.7% ditolong oleh regu penyelamat.

Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa keselamatan sebagian besar korban ditentukan oleh diri sendiri, dan orang-orang di sekitarnya seperti tetangga dan kerabat. Bukan dari tim penolong. Karena itu, keterampilan dan kesiapsiagaan masyarakat menjadi poin yang paling penting dalam keselamatan. 

Kursus Keluarga Siaga Bencana dari IndonesiaX 

IndonesiaX adalah sebuah instansi pendidikan yang berdomisili di Banten yang berfokus dalam menyediakan kursus-kursus berkualitas. Kursus-kursus ini nantinya akan dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa dalam platform berbasis online.

Nah, salah satu kursus yang ditawarkan adalah Kursus Keluarga Siaga Bencana. 

Kursus ini akan dimulai pada 1 Juni 2019, bertepatan dengan Hari Pancasila 2019 dan berakhir pada 7 Juli 2019. Selain gratis, kursus ini akan dipandu oleh 5 instruktur handal yang mumpuni di bidangnya. Siapa saja mereka?

Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Sc.

Dr. Agus adalah Kepala Pusat Pelatihan Penanggulangan Bencana di BNPB. Setelah lulus S1 di Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, beliau terbang ke Belanda untuk melanjutkan pendidikan Teknologi Informasi Geospasial di University of Twente, Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC) dan Wageningen Agricultural University (WAU). Beliau menjabat sebagai Kepala Pusdiklat Penanggulangan Bencana di BNPB sejak 2018.

Dr. Fitriana Suprapti

Jakarta Rescue merupakan organisasi kemanusiaan bersifat mandiri yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, bencana sosial maupun alam dengan fokus memberdayakan masyarakat dan pemuda seluruh Indonesia melalui pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan penyelamatan. Dalam hal ini, beliau berposisi sebagai Sekretaris Jenderal Jakarta Rescue.

Theodora Eva Yuliana Aritonang, A.Ks, M.Si (Han)

Dan berbagai narasumber berkompeten lainnya seperti Apriyuanda Bayu Pradana, STP, M.Sc., Theodora Eva Yuliana Aritonang, A.Ks, M.Si, (Widyaiswara di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana, BNPB), dan Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc. (Master Geologi dari Universitas Leeds, Inggris).

Nah, untuk rundown acaranya, semua akan dipaparkan jelas di website IndonesiaX di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar! Ini gratis, loh! (RG) 

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar