Kenali Pertolongan Pertama dengan Aplikasi First Aid dari IFRC

Kenali Pertolongan Pertama dengan Aplikasi First Aid dari IFRC

Sobat Disasterizen, menit-menit awal setelah seseorang terkena luka atau kecelakaan adalah saat yang paling penting. Menit-menit ini sangat menentukan nasib korban kedepannya, apakah dia akan bisa diselamatkan atau tidak.

Jika kamu ada di hadapan seorang korban kecelakaan, apakah kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan?

Kalau belum, coba aplikasi First Aid dari IFRC ini, ya!

Sekilas

IFRC adalah singkatan dari International Federation of Red Cross & Red Crescent Societies (Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Sabit Merah). Ya, sesuai namanya, federasi ini berkecimpung di bidang bantuan bagi umat manusia.

Walaupun aplikasi ini hanya sebesar 5.9 MB, aplikasi ini punya segudang fitur yang kaya manfaat, loh! Penasaran apa saja?

Pelajari

Di bagian kiri pojok bawah, ada tab Pelajari yang berisi materi singkat tentang berbagai macam kecelakaan yang mudah dipahami. Ada 23 kecelakaan yang dibahas, yaitu:

  1. Alergi
  2. Serangan asma
  3. Perdarahan
  4. Patah tulang
  5. Luka bakar
  6. Kedaruratan diabetes
  7. Tersedak
  8. Panik
  9. Serangan jantung
  10. Sengatan panas
  11. Cedera kepala
  12. Hipotermia
  13. Keracunan
  14. Kejang/epilepsi
  15. Syok
  16. Meningitis
  17. Sengatan/gigitan
  18. Nyeri otot/keseleo
  19. Stroke
  20. Demam berdarah
  21. Diare akut
  22. Influenza
  23. dan kehilangan kesadaran diri, baik itu bernapas ataupun tidak bernapas.

Ada juga pertanyaan-pertanyaan yang lumrah ditemukan di sekitar topik.

Bersiaplah

Di samping tab Pelajari, ada tab Bersiaplah yang berisi panduan dalam menghadapi berbagai macam keadaan yang berbahaya, seperti bencana alam ataupun non alam.

Berikut adalah menu yang tersedia di tab ini.

 

Lengkap, bukan? Mulai dari tsunami, gempabumi, banjir, kebakaran, bahkan hingga hal-hal kecil seperti pemadaman listrik.

Darurat

Nah, jika kamu sedang berhadapan dengan posisi yang genting, kamu tinggal mengetuk ikon tanda seru yang bertuliskan Darurat di tengah bawah layar ponsel kamu. Isinya adalah step-by-step yang harus kamu lakukan saat berhadapan dengan situasi-situasi berbahaya seperti stroke, demam berdarah, nyeri otot, kejang, cedera kepala, luka bakar, patah tulang, dan lain-lain. 

Ujian

Setelah kamu membaca banyak materi, saatnya kamu menguji diri kamu di tab Ujian. Tab ini berisi mini-kuis tentang seluruh materi yang ada di tab-tab sebelumnya.

 

Lainnya

Tab Info Lainnya berisi informasi-informasi lain yang kamu butuhkan, seperti nomor-nomor darurat di seluruh negara. Akan sangat berguna jika sobat berangkat ke luar negeri. Selain itu, ada juga sub tab Donasi jika kamu ingin menyisihkan sebagian rejeki kamu untuk membantu PMI, Menjadi relawan PMI jika kamu ingin menjadi relawan PMI, dan fitur-fitur penting lain seperti tempat membeli perlengkapan PP, donor darah, dan ikut pelatihan PMI.

Segudang fitur diatas disesuaikan dengan bahasa dan negara kamu, loh. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi First Aid dari IFRC di ponsel kamu! Gratis! (RG)

Dipost Oleh Rafly Gilang

Rafly Gilang adalah seorang penulis yang berkecimpung di bidang penanggulangan bencana, politik, agama, keadilan, dan isu-isu sosial lainnya. Selain di website ini, Rafly juga menulis di website pribadinya yang bisa diakses di bookofrafly.com. Rafly bisa dikontak melalui email rafly@bookofrafly.com atau via Twitter @raflyrolls.

Tinggalkan Komentar