Kebakaran Hutan 1997 Bikin Anak Tumbuh Pendek, Kok Bisa

Kebakaran Hutan 1997 Bikin Anak Tumbuh Pendek, Kok Bisa

Polusi udara di Asia Tenggara pada Oktober 1997. Sumber: NASA, Wikimedia Commons.

Hoi, sobat Disasterizen! Masih ingat tidak kejadian kebakaran hutan yang menimpa Indonesia pada tahun 1997 silam? Kebakaran hutan ini merupakan yang paling besar dalam sejarah di Indonesia. Menyebabkan 11 juta hektare dibakar untuk tanaman baru. Akibat dari kebakaran hutan tersebut, asap dan kabut meluas hingga negara tetangga, seperti Brunei, Thailand, Vietnam dan Fillipina. Sungguh tragis ya?

Nah, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang membahas kebakaran hutan pada tahun 1997. Tidak disangka menurut penelitian Singapura dan Amerika Serikat dalam laporannya di jurnal PNAS dikutip dari Science Alert, kabut asap tersebut dapat menyebabkan penghambatan pertumbuhan generasi berikutnya, lho!

Dalam penelitian tersebut, anak-anak di dalam rahim yang terkena kabut asap dari kebakaran hutan di tahun 1997 silam berpotensi membuat mereka lebih pendek atau mengalami stunting. Udara beracun akibat kebakaran hutan dapat menyaring pasokan oksigen janin. Hal inilah dikarenakan perubahan permanen yang berpotensi menyebabkan berat badan lahir rendah dan menyebabkan potensi tinggi badan yang lebih pendek di usia dewasa.

Ilmuwan dari Duke University, AS memeriksa 560 anak yang terkena dampak kabut asap kebakaran hutan, ketika mereka berusia 6 bulan atau masih dalam kandungan. Para ilmuan itu menganalisis data tentang paparan kabut asap serta hasil gizi anak, informasi genetik, dan faktor sosial lainnya.

Para peneliti menemukan, anak yang lahir selama masa kabut asap tersebut rata-rata lebih pendek 3.3 sentimeter dibandingkan yang seharusnya ketika berusia 17 tahun. Hal ini merupakan temuan baru yang menunjukan bahwa kebakaran hutan lebih berbahaya daripada yang kita bayangkan.

Wah, sangat disayangkan sekali ya sobat Disasterizen? Bermaksud untuk berhemat malah mengalami kerugian besar. Semoga dengan adanya kejadian ini kita semua bisa mangambil hikmahnya, ya! (MA)

Sumber: Kompas

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar