Jenis-Jenis Banjir

Jenis-Jenis Banjir

Patung karya seniman Indonesia sengaja ditempatkan di kawasan yang terdampak banjir lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menggambarkan perasaan masyarakat setempat. Sumber: Ulet Ifansasti, Getty Images, BBC.

Sobat Disasterizen, kita sering mengenal istilah-istilah hujan frontal, hujan mason, hujan buatan, dan lain-lain. Tapi, selain hujan, banjir juga ada macam-macamnya, loh.

Penasaran?

Banjir Bandang

 

Banjir bandang di Banyuwangi tahun 2018. Sumber: BNPB, CNN.

Banjir bandang adalah tingkatan paling tinggi dan paling berbahaya. Selain ada kemungkinan korban jiwa, banjir bandang sering kali membawa lumpur bersama dengan air. Banjir ini biasanya diakibatkan oleh kurangnya wilayah resapan air di kawasan pegunungan yang disebabkan oleh gundulnya hutan gunung. Bahkan di beberapa kejadian, selain membawa lumpur, banjir ini juga membawa pohon-pohon dan bebatuan besar yang menimbulkan banyak korban jiwa. 

Banjir Air

Banjir air adalah jenis banjir yang paling umum terjadi di Indonesia. Banjir ini biasanya diakibatkan oleh meluapnya air sungai, danau, atau selokan. Karena tingginya intensitas air yang tidak terserap/tertampung dengan baik, terjadilah banjir air. Karena itu, banjir air kadang terjadi ketika hujan deras selama berhari-hari dan itu tidak tertampung, baik karena tersumbat sampah ataupun karena kurangnya daerah resapan. Bahkan di beberapa kota, hujan deras yang hanya dalam hitungan jam bisa menyebabkan banjir air.

Banjir Lumpur

Banjir lumpur memiliki kemiripan dengan banjir bandang. Bedanya, material banjir lumpur ini keluar dari perut bumi. Bahkan, terkadang ia mengandung gas yang berbahaya. Contohnya seperti banjir lumpur panas Lapindo yang disebabkan oleh aktivitas pengeboran yang dilakukan oleh Lapindo Brantas Inc. di Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut Tempo (2006), banjir ini mengakibatkan kerugian hingga 33,27 triliun! Wah, lain kali kalau mau memanfaatkan alam, jangan gegabah ya, sob!

Banjir Rob

 

Warga melintasi kawasan wisata Pantai Parangtritis yang tergenang rob di Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (9/6). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/CNN Indonesia)

Banjir rob adalah banjir yang terjadi akibat air laut pasang. Biasanya banjir ini akan menerjang kawasan pemukiman di wiayah pesisir pantai. Kalau di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, banjir rob biasanya melanda di daerah Muara Baru yang terletak di utara Jakarta. Air laut yang meninggi akan menahan laju air sungai yang sudah banyak sehingga menjebol tanggul dan meluap menggenangi daratan. (RG)

Dipost Oleh

Tinggalkan Komentar