Jangan Membakar Sampah Sembarangan, Ingat Ini

Jangan Membakar Sampah Sembarangan, Ingat Ini

SAMPAH, satu kata itu memang sumber masalah ya untuk kita semua. Pasti banyak dari kita untuk mengurangi sampah yang berlebih adalah dengan membakarnya. Mereka berpikir dengan membakar sampah merupakan jalan pintas yang ampuh. Bahkan membakar sampah sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di negara kita ini.

Akan tetapi, fakta membuktikan kalau membakar sampah malah menimbulkan berbagai masalah baru untuk kesehatan dan lingkungan sekitar. Nggak percaya nih? Ini dia fakta yang wajib banget kamu ketahui dan membuat kamu berpikir ulang untuk membakar sampah!

  • Asap dari pembakaran sampah mengandung hidrokarbon benzopirena. Gas tersebut 350 kali lebih berbahaya dari pada asap rokok! Nah kan! Ingat tuh Disasterizen!
  • Pembakaran sampah plastik bisa membuat lapisan ozon menipis. Saat lapisan ozon menipis, suhu bumi akan semakin panas.
  • Membakar sampah plastik sama saja menambahkan racun ke udara. Karena zat kimia beracun yang dibakar keluar sehingga bercampur dengan udara.
  • Sampah plastik yang dibakar akan menghasilkan zat-zat berbahaya seperti dioksin. Zat ini bisa meningkatkan risiko munculnya kanker.

Gimana nih Disasterizen? Berbahaya kan kalau membakar sampah begini? Harus berpikir ulang untuk membakar sampah. Memang tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan ini bagi mereka yang sering membakar sampah. Karena nyatanya membakar sampah adalah hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi sampah.   

Baca juga : AYO JANGAN BERMAIN-MAIN DENGAN AIR LAGI

Tapi taukah kamu bahwa sebetulnya di UU sudah tertera larangan membakar sampah?

Tentang pengelolaan sampah ini sudah tertera dalam UU, yaitu Pasal 29 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Lalu bagaimana ya solusinya?

Mulai sekarang mencoba untuk hentikan kebiasaan buruk membakar sampah ini dengan memilah sampah dan mendistribusikan ke tempat yang seharusnya, misalnya saja dengan memilah organik-kompos, non organik-bank sampah. Bahkan nih ya, sekarang sudah banyak sampah plastik yang bisa didaur ulang menjadi barang yang berharga dan tentunya bermanfaat.

Ya kali nggak kuy, membagikan informasi penting ini ke orang-orang, terutama untuk orang yang sering membakar sampah sembarangan. Ups! Adakah solusi lainnya untuk mengatasi ini menurut versimu? Tulis di kolom komentar! (MA)

Sumber : Zero Waste Indonesia

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar