Intip Proyeksi Bencana 2020, Kuy

Intip Proyeksi Bencana 2020, Kuy

Beberapa jam lagi kita telah berganti tahun, Sobat Disasterizen! Sebelum memasuki tahun yang baru, kira-kira apa ya proyeksi (perkiraan tentang keadaan masa yang akan datang dengan menggunakan data yang ada (sekarang)) ancaman bencana di tahun 2020?

Curah Hujan

Dwikorita Karnawati (Kepala BMKG) mengatakan di awal tahun yaitu Januari-Maret akan terjadi hujan dengan tingkat tinggi, terutama di bagian selatan pulau Sumatera, Jawa-NTT, Kalimantan bagian tengah, Sulawesi, dan Papua, dalam konferensi pers Refleksi Bencana Tahun 2019 dan Proyeksi Bencana 2020 di gedung Graha BNPB (30/12).

Sedangkan pada bulan Juli-Desember curah hujan diperkirakan pada kategori rendah hingga menengah, khususnya di Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi bagian selatan, dan Merauke.

 

Baca juga : TENGOK KEMBALI BENCANA 2019

Letusan Gunung Api

Di Indonesia terdapat 127 gunungapi aktif (13% gunungapi di dunia). 75 kabupaten/kota berada di daerah bahaya sedang-tinggi dari erupsi gunungapi di Indonesia, 3,5 juta penduduk terpapar oleh bahaya sedang-tinggi dari erupsi gunungapi.

Menurut catatan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ada 69 gunungapi yang diamati dari 77 pos berpeluang mengalami erupsi, namun tidak dapat dipastikan waktu dan lokasi gunungapinya. Informasi area yang terancam bahaya dapat diidentifikasi dari Peta Kawasan Rawan Bencana Gunungapi.

Gempabumi dan Tsunami

Menurut data prakiraan potensi bencana dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada enam titik zona aktif berdasarkan seismisitas 2019 yang meliputi Nias, Lombok-Sumba, Ambon, Banda, dan Mamberamo.

Kepala BMKG, Dwikorita pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu siaga dan meningkatkan pengurangan risiko ancaman bencana di daerah masing-masing, khususnya pada daerah yang memiliki kerawanan tingkat tinggi.

Banjir dan Tanah Longsor

Curah hujan yang semakin meninggi, perlu diwaspadai nih ancaman bencana banjir dan tanah longsor, Sob. Agus Wibowo, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB mengatakan, ada 489 kabupaten/kota berada di daerah bahaya banjir dengan kategori sedang-tinggi, jumlah penduduk terpapar sebanyak 63,7 juta jiwa.

Sedangkan untuk tanah longsor, ada 441 kabupaten/kota berada di tingkat sedang-tinggi, dengan jumlah penduduk terpapar sebanyak 40,9 Juta jiwa. 

Nah, kira-kira resolusi kamu di tahun kedepannya apa nih untuk Indonesia khususnya dalam hal ancaman bencana? Coba dong share di kolom komentar! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar