Indonesia Menjadi Tuan Rumah GPDRR 2022

Indonesia Menjadi Tuan Rumah GPDRR 2022

e-flayer Ngopi PB ke-16.

SIAGABENCANA.COM – Rabu (8/7/21), Ngopi PB ke-16 kali ini mengangkat tema ”Platform Global Pengurangan Risiko Bencana 2022 : Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah” dengan narasumber Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si., dari BNPB.

Dr. Raditya dalam kesempatan webinar tersebut membicarakan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang ke-7 dan akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 23-28 Mei 2022.

Sebelum membahas lebih lanjut, Dr. Raditya menjelaskan apa itu GPDRR. GPDRR adalah suatu momentum dimana hampir seluruh negara di dunia tergabung membicarakan pengurangan risiko bencana, yang mana diiniisiasi oleh PBB. GPDRR diselenggarakan setiap dua tahun sekali. 

GPDRR memainkan peran penting dalam memobilisasi dan mendorong kolaborasi antar pemerintah, pemangku kepentingan, dan sistem PBB untuk mempercepat pelaksanaan pengurangan risiko bencana.

Kenapa GPDRR Diselenggarakan di Indonesia?

Kenapa Indonesia terpilih sebagai tuan rumah GPDRR 2022? Dr. Raditya menjelaskan bahwa pada saat itu ada sebuah usulan GPDRR akan dilaksanakan di Asia. Kemudian Indonesia adalah salah satu negara yang diusulkan sebagai tuan rumah. Lalu, Mami Mizutori, Wakil Khusus Sekretaris Jenderal Pengurangan Risiko Bencana dan Ketua UNDRR menyampaikan bahwa Indonesia adalah tempatnya untuk belajar pada setiap kejadian bencana yang terjadi di Indonesia (labotarium bencana) dan mempunyai komitmen yang cukup tinggi dalam pengurangan risiko bencana.

Partisipasi Indonesia dalam GPDRR

GPDRR 2009

Dr. Eko Teguh Paripurno, Direktur Pusat Penelitian Penanggulangan Bencana Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, menerima penghargaan UN Sasakawa Award for Disaster Reduction pada tanggal 16 Juni 2009 di Jenewa atas pengabdiannya yang luar biasa di bidang pengurangan risiko bencana.

Penghargaan tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi Indonesia sejak Sasakawa Foundation menyelenggarakan UN-Sasakawa Award pada tahun 1987.

GPDRR 2011

Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono menerima penganugrahan Global Champion for Disaster Risk Reduction (DRR) dari secretariat Jendral PBB Ban ki-Moon di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali pada 19 November 2021.

GPDRR 2013

Pertemuan GPDRR dibagi menjadi beberapa sesi utama, yakni High Level Dialogue, Consultation Plenaries, dan Side Events. Indonesia berpartisipasi dalam beberapa sesi diantaranya.

GPDRR 2017

Ketua Delri menyampaikan official statement yang pada pokoknya mengangkat implementasi SFDRR di Indonesia, termasuk upaya mengintegrasikan ke dalam agenda pembangunan nasional di bawah program Nawacita Presiden.

Indonesia bersama dengan negara Swiss dan Canada telah bertindak sebagai co-chairs yang khusus membahas koherensi Kerangka Sendai dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, serta Kesepakatan Paris untuk Perubahan Iklim. Pembahasan tersebut menjadi masukan untuk pertemuan High Level Political Forum yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017 di kantor pusat PBB di New York.

GPDRR 2019

Dalam official statement GPDRR 2019, Wakil Presiden RI selaku Ketua Delri menyampaikan bahwa pada tingkat lokal dan nasional, pengelolaan risiko bencana telah dan selalu menjadi prioritas Indonesia. Indonesia menerapkan pendekatan pentahelix.

Sedangkan dalam High Level Dialogue, Menko PMK tegaskan bahwa Indonesia akan terus menunjukkan kepemimpinannya dalam tata kelola pengurangan risiko bencana, termasuk dalam membantu negara lain untuk penguatan kapasitasnya.

Bali, Lokasi GPDRR 2022

Setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah GPDRR 2022. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memutuskan Bali akan jadi tempat penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction tahun 2022. GPDRR 2022 diperkirakan akan berlangsung secara tatap muka, asalkan pembatasan perjalanan akibat COVID-19 memungkinkan.

Nilai Strategis Global – GPDRR

  • Memajukan soft diplomacy Indonesia dalam bidang kemanusiaan secara umum dan pengurangan risiko bencana secara khusus.
  • Menegaskan posisi Indonesia sebagai negara center of knowledge dalam bidang kebencanaan.
  • Showcasing capaian dan praktik baik Indonesia dalam pengurangan risiko bencana.
  • Merefleksikan kepercayaan komunitas internasional.
  • Mengarahkan proses dialog dan kesepakatan dalam memperkuat komitmen PRB di tingkat global sesuai dengan kepentingan Indonesia.
  • Menciptakan legacy Indonesia dalam agenda pengurangan risiko global.
  • Sarana membangun kedekatan bilateral dengan negara-negara tertentu, termasuk negara ASEAN dan Kawasan Pasifik. 

Nilai Strategis ke dalam Negeri

  • Secara langsung mendukung pertumbuhan sektor ekonomi dan pariwisata nasional pasca resesi akibat pandemi.
  • Meningkatkan Public Awareness mengenai pentingnya pengurangan risiko bencana.
  • Memberikan peluang besar peningkatan kapasitas aktor pengurangan risiko bencana Indonesia.
  • Menjadi salah satu sarana konsolidasi antar kementerian/lembaga untuk semakin memahami dan berkomitmen dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Apa Tema GPDRR 2022?

Tema Utama GPDRR 2022 adalah From Risk to Resilience : Towards Sustainable Development for All in a COVID-19 Transformed World.

Proposed Subthemes :

  • Strengthening disaster risk governance to address systemic risk
  • Financing for DRR and risk informed investments and development
  • Social and economic recovery from COVID-19 for all

Cross-cutting themes :

  • Stocktaking and accelerating progress in achieving the goal and targets of the Sendai Framework
  • Leave no one behind-investing in local action and empowering the most at risk
  • Accelerating and integrating disaster risk management to sustainable development and climate action.

Kegiatan GPDRR 2022

  • Prep Day Event
  • Ministerial Round Table
  • High Level Dialogue
  • Learning Lab
  • Ignite State
  • Working Session & Special Session
  • Field Trip
  • Award
  • Side Event 

Dr. Raditya menambahkan bahwa keputusan pelaksanaan GPDRR 2022 dilaksanakan secara Hybrid Daring, tatap muka atau ditunda diputuskan paling lambat bulan Oktober 2021.

Sudah siapkah Sobat Disasterizen GPDRR 2022? Makin nggak sabar ya? Semoga pandemi COVID-19 segera hilang, agar GPDRR 2022 semakin meriah digelar di Indonesia.

Menarik bukan pembahasannya, Sobat Disasterizen? Penasaran tidak Ngopi PB bakal bahas apa lagi Minggu depan? Yuk, ikutan setiap Rabu dan ikuti perkembangannya di Instagram @Yuksiagabencana @MPBI.Indonesia @pujionocentre @caribencana.id @predikt.id. (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar