Hari Pramuka : Penanggulangan COVID-19 & Bela Negara

Hari Pramuka : Penanggulangan COVID-19 & Bela Negara

Ilustrasi anak-anak pramuka Sumber : maxmanroe.com

Selamat Hari Pramuka yang ke-59, Sobat Disasterizen! Di tahun ini, tema Hari Pramuka 2020 mengusung tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan COVID-19 dan Bela Negara.

Dari tema tersebut sangat relate dengan apa yang terjadi saat ini, yakni pandemi COVID-19. Tema tersebut juga sejalan dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasional (Kwarnas) melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh Kwatir guna membantu pemerintah dalam mengendalikan pandemi, serta membantu warga yang terdampak.

Selain itu, tema Hari Pramuka juga merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat pandemi, yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia dan seluruh dunia.

Seperti yang dilansir dari Tirto.com, Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso (Buwas) mengatakan bahwa banyak Kwartir dan Gugus Depan melakukan kegiatan serta pelatihan secara daring (dalam jaringan) untuk meningkatkan kecapakan hidup pramuka dan menjalin silaturahmi dengan pramuka di dalam dan luar negeri.

Baca juga : INI DIA KLARIFIKASI BMKG SEPUTAR AWAN BAK TSUNAMI

Pesan Presiden Jokowi

Pesan Bapak Presiden Jokowi di Hari Pramuka 2020 kali ini adalah mengajak anggota Pramuka Pramuka membuat dua gerakan nasional, yaitu gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi COVID-19. Kedua gerakan kepedulian nasional tersebut untuk mengajak masyarakat untuk saling membantu, peduli, dan berbagi. Dua gerakan tersebut tidak hanya untuk membantu masalah nasional akibat pandemi, tetapi juga untuk mengasah jiwa, karakter, dan kepedulian anggota Pramuka.

"Dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam dwi dharma, tri satya dan dasa dharma Pramuka," tambah Presiden.

Dari makna dan pesan di atas dalam peringatan Hari Pramuka 2020, bisa terus semangat dalam membantu menanggulangi COVID-19 ataupun bencana lainnya. Sekali lagi, selamat Hari Pramuka! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar