Hambalang Menghijau

Hambalang Menghijau

Sambutan di PIT IABI ke-6, Sumber : BNPB

Dalam acara pembukaan PIT-IABI ke-6, yang bertempat di Universitas Pertahanan, Sentul. Kali ini ada sambutan dari Kepala BNPB. Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo dalam sambutannya bilang kalau daerah Hambalang, Sentul, Jawa Barat ini tadinya tidak banyak pepohonan bahkan dibeberapa tempat sering terjadinya tanah longsor.

Kemudian, ketika pembangunan pertama dilakukan, terjadinya pembongkaran ulang karena longsoran tersebut. Juga kawasan ini merupakan daerah aliran rembesan. Tetapi sekarang daerah Hambalang menjadi daerah yang asri, teduh dan penuh tanaman. Dengan ini bisa menjadi contoh untuk program penghijauan.

90 persen bibit pohon yang ada di kawasan Hambalang itu berasal dari bibit kebun Budi Asih yang tempatnya berada di Sentul. Bapak Doni Monardo mengatakan kalau kebun Budi Asih telah menyumbangkan lebih dari 10 juta bibit pohon dalam penghijauan daerah Hambalang. Kalau kamu memperhatikan, kawasan Bogor sudah banyak penutupan. Ini semua tidak terlepas dari peran pemerintah kabupaten Bogor yang bekerja sama dengan relawan termasuk Budi Asih.

Di kesempatan yang sama, Doni Monardo juga menyampaikan 3 hal yang menjadi fokus dalam acara ini, yaitu mekanisme sistem kebencanaan semakin baik. Apa saja kah itu? Yang pertama adalah tentang inovasi sosial, sistem teknologi 4.0 peringatan dini, dan kontribusi masyarakat pada bencana alam. Doni Monardo menginginkan teknologi bisa di manfaatkan untuk mengantisipasi bencana.

Wah, hebat sekali ya Kepala BNPB kita yang satu ini! Selain itu, BNPB juga dapat penghargaan lho Disasterizen dari UN Public Service. Selamat BNPB! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar