Greta Thunberg : Perempuan Muda Aktivis Perubahan Iklim

Greta Thunberg : Perempuan Muda Aktivis Perubahan Iklim

Greta Thunberg, ia adalah seorang remaja perempuan asal Swedia yang telah menginspirasi banyak orang untuk melawan perubahan iklim dengan cara aksi mogok sekolah pada setiap hari Jumat.

Kalau Agustus tahun lalu, ia melakukan pemogokan sekolah untuk perubahan iklim di depan parlemen Swedia. Di tahun ini, Greta bergabung dengan kerumunan pemuda pemudi Amerika Serikat dalam menggelar protes terkait perubahan iklim di luar markas besar PBB di New York pada Jumat, 30 Agustus 2019.

Sebelumnya nih Disasterizen, Greta baru saja berlayar melewati Samudera Atlantik dengan menggunakan kapal pesiar dari Plymouth (Inggris) ke Manhattan (Amerika Serikat). Asal kamu tahu nih Sob, perjalanan ini menempuh waktu selama 14 hari! Kenapa tidak pakai pesawat saja ya?

Baca juga : DESA BEBAS DARI SI JAGO MERAH

Usut punya usut, kecintaannya pada lingkungan tersebut, Greta pun menolak untuk menggunakan pesawat dan memilih alternatif transportasi lain yang lebih ramah lingkungan.

Anak-anak remaja Amerika ini datang secara serentak untuk meminta pejabat dan generasi yang lebih tua agar mengambil langkah nyata untuk membalikkan krisi iklim yang terjadi saat ini. Selain berpidato, mereka juga membawa plakat yang isinya pesan dalam bentuk tulisan tangan yang berbunyi ‘United behind the science’ (bersatu di bawah payung sains) dan "Act now or we will" (Bertindak sekarang atau kami yang akan melakukannya).

Kemudian, pada Jumat sorenya, Greta dan aktivis lainnya dengan secara tiba-tiba diundang ke markas besar PBB untuk bertemu dengan pemimpin senior. Greta, Alexandria Villasenor (14), dan Xiye Bastida (17), masuk ke PBB untuk berjumpa dengan presiden majelis umum Maria Espinosa, setelah menerima undangan dadakan selama demo di depan markas PBB.

Apa yang dilakukan mereka di markas PBB? Mereka diajak untuk berkeliling ruangan yang nantinya akan digunakan untuk menggelar rapat majelis umum terkait perubahan iklim di bulan September tahun ini. Termasuk podium di mana Greta akan berbicara selama KTT tentang pemanasan global, kebakaran hutan di seluruh dunia (termasuk hangusnya hutan Amazon), dan penggunaan plastik sekali pakai. (MA)  

Sumber : Liputan6.com & Suara.com

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar