Gempabumi Sebagai Pertanda Berkah Untuk Masyarakat Mentawai

Gempabumi Sebagai Pertanda Berkah Untuk Masyarakat Mentawai

Sumber : Google

Gempabumi memang sering terjadi di negara kita dan menjadi sebuah musibah. Namun ada yang berbeda kali ini Disasterizen! Bagi masyarakat Mentawai, gempabumi adalah pertanda berkah. Mereka akan bersyukur saat gempa datang dan berkata “Sura..Sura Taikabaga”, yang artinya terima kasih kepada roh dari dalam bumi. Tapi saat guncangan keras, mereka akan berkata “Moile..Moile..” dengan suara pelan dan memohon. Mereka berdoa pada roh dalam bumi agar guncangan tidak keras.  

Gempabumi juga sebagai pertanda baik saat siang hari, seperti munculnya musim buah-buahan dan jamur. Tapi berbeda kalau terjadi malam hari, ini sebagai petanda buruk atau peringatan untuk masyarakat Mentawai. Misalnya saja, terjadinya kematian atau wabah penyakit Disasterizen.

Bagi orang Mentawai pada masa lalu, gempabumi bisa diketahui tanda kedatangannya. Misalnya saja, jika pada malam hari kampung menjadi sunyi atau hening, bahkan suara katak dan suara binatang lainnya pun tidak terdengar. Taikabaga (roh) juga tidak suka dengan suara yang riuh, karena dapat membuat gempabumi semakin kuat.

Baca juga : EKSPEDISI CINCIN API EPS. TAMBORA

Pengetahuan Lokal Masyarakat Mentawai Terhadap Gempabumi & Tsunami

Masyarakat Mentawai mengatakan kalau jejak pengetahuan masa lalu kejadian tsunami itu belum ditemukan, tapi mereka menemukan istilah ‘Onu’ yang artinya adalah ‘ombak besar’. Jadi sebelumnya orang Mentawai ini mempunyai jejak budaya maritim, walaupun saat ini sudah banyak ditinggalkan. Buktinya adalah adanya Kalabbak (kapal besar), pengetahuan navigasi perbintangan, arah mata angin dan lain sebagainya.

Orang Mentawai meyakini roh-roh yang ada di semesta raya (Ulaumanua) menjadi beberapa kelompok, yaitu Taikabaga (roh dalam bumi), Taikamanua (roh-roh langit), Taikaleleu (roh-roh hutan), dan Taikakoat (roh-roh laut). Roh-roh tersebut diyakini mempunyai mata jika pada malam hari menunjuk ke arah laut, dapat menyebabkan dia marah dan bisa menyebabkan sakit.

Unik dan berbeda banget ya masyarakat Mentawai ini dalam pandangan mereka tentang gempabumi dan tsunami. Adakah diantara kalian yang mempunyai istilah dan cerita tentang gempa dari daerahmu? Coba comment di kolom komentar, ceritakan bersama kami! (MA)

Sumber : Buku Menari Bersama Tsunami

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar