Gempa Searles Valley yang Mengguncang California

Gempa Searles Valley yang Mengguncang California

Gempa mengguncang California Selatan yang berkekuatan M 6,5 pada Jumat, 5 Juli 2019 pukul 00.30 dini hari saat itu. Dari hasil Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menunjukkan bahwa titik gempa terletak pada koordinat 35,48 LU dan 117,45 BB, yang tepatnya berada di darat pada jarak sekitar 199 kilometer arah timur laut Kota Los Angeles pada kedalaman 10 km. Karena titik pusat gempanya terletak di Lembah Searles maka, gempa ini populer disebut sebagai “Searles Valley Earthquake”.

Gempa ini menunjukkan bahwa dipicu oleh adanya patahan batuan kerak dangkal dalam arah mendarat mengiri (left lateral strike-slip). Walaupun gempa ini berada dekat dengan Sesar (patahan) San Andreas, tetapi nyatanya gempa ini bukan dipicu oleh Sesar ini.

Kalau dilihat dari lokasi pusat gempanya, kedalaman gempa, dan mekanisme sumber bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif. Dugaan kuat juga bahwa gempa terjadi karena dipicu oleh aktivitas Sesar Little Lake (Little Lake fault).

Pusat gempa memang terletak di kawasan seismik aktif (gelombang yang disebabkan oleh manusia) dan kompleks karena banyak sebaran sesar aktif di daerah tersebut. Di dalam peta seismisitasi (persebaran gempa) menunjukkan kalau di zona ini memiliki tingkat aktivitas gempa yang cukup tinggi meskipun magnitudonya kecil, lho.

Guncangan ini dilaporkan sangat kuat Disasterizen! Shakemap menggambarkan kalau gempa ini mencapai intensitas maksimum VII MMI. Kota yang terdekat pada titik pusat gempa ini yang terdapat penduduknya adalah Kota Ridgecrest.

Dimana terletak pada barat daya pusat gempa. Bahkan orang yang berada di Gurun Majave hingga pesisir pantai Pasifik melaporkan kalau mereka merasakan gempa. Untungnya nih Disasterizen, gempa yang terjadi ini relatif tidak berpenghuni dan jauh dari pusat populasi di kota-kota California. Alhamdulillah!

Kata ahli Meteorologi AS (Amerika Serikat) ini merupakan guncangan terbesar dalam dua dekade, sejak gempa Hector Mine yang berkekuatan M 7,1 melanda Gurun Mojave pada tahun 1999 silam. Pernah terjadi juga nih pada tahun 1994 di Northridge, Los Angeles dengan kekuatan gempa M 6,7 yang setidakmya 57 orang meninggal dunia. Namun, gempa terakhir yang terjadi di California dengan kekuatan M 7,2 yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Pusatnya berada di perbatasan Baja California. Gempa tersebut menyebabkan 4 orang meninggal dan 233 menderita luka-luka.

Sedangkan gempa terakhir yang terjadi di California adalah gempa berkekuatan M 7,2 yang terjadi pada tahun 2010 dengan pusat gempa di perbatasan Baja California. Gempa ini mengakibatkan 4 orang meninggal dan 233 menderita luka-luka.

Wah! Peristiwa gempa Searles Valley ini bisa kita ambil sebagai pembelajaran nih. Apa itu? Jadi, jangan pernah mengabaikan keberadaan jalur sesar aktif di dekat kita tinggali. Meskipun catatan sejarah menunjukkan pernah terjadi gempa pada masa lampau atau bahkan tidak ada catatan sejarah gempa. Tetapi jangan pernah mengabaikan, karena yang seperti kita tahu. Bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja, tanpa memandang bulu.

Langkah seperti apa sih yang harus kita lakukan? Jika kamu berada di dekat jalur sesar, maka wajib banget untuk membangun bangunan tahan gempa. Bisa juga dengan membangun rumah dari bahan ringan seperti kayu dan bambu. Kaya nenek moyang kita zaman dahulu itu lho! Selain itu kamu perlu banget mengetahui dan memahami cara evakuasi diri dalam menghadapi gempa. Salam Siaga! (MA)

Baca juga : 8 Konstruksi Bangunan Tradisional Tahan Gempa

Sumber : BMKG

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar