Doni Monardo Melawan Sungai Citarum

Doni Monardo Melawan Sungai Citarum

Perubahan Sungai Citarum dulu vs sekarang

Pernahkan mendengar kalau Sungai Citarum adalah salah satu sungai terkotor di dunia? Bahkan, media-media luar negeri, seperti BBC telah memberitakan bahwa Sungai Citarum adalah salah sungai kotor di dunia. Malu? Tentu! Lalu, bagaimana perasaan kita dalam menghadapi ini? Kalau ini adalah bukan tugas kita dan ini tugas dari pemerintah. Lantas haruskah kita berdiam diri saja?

Sejarah Jawa Barat

Hampir semua sungai di Jawa Barat memiliki awalan “ci” yang berartikan bahwa orang Jawa Barat sangat menghargai air dan sungai. Kata awalan “ci” ini adalah tanda penghormatan pada sungai. Sebab itulah, leluhur Jawa Barat sangat menghargai sungai. Begitupun juga dengan pohon, semua pohon-pohon besar dikasih awalan “I”. Ini menandakan leluhur Jawa Barat menghargai air, pohon dan sungai.

Lantas, bagimana dengan jaman sekarang?

Di zaman sekarang, warga Jawa Barat mengotori sungai dan pepohonan ditebang. Nah, butuh bukti? Buktinya adalah Gunung Wayang sudah tidak ada lagi pepohonan dan Sungai Citarum sepanjang hulu sampai muara penuh dengan limbah.

Awalnya, banyak orang yang merasa pesimis. Tetapi Letjen Doni Monardo optimis dan yakin, bahwa Jawa Barat dengan tentara Siliwangi adalah satu kesatuan sistem. Kepala BNPB ini bersama 22 tentara Siliwangi siap melakukan perubahan pada Sungai Citarum. Bagaimana caranya? Nah, bapak Doni Monardo bersama dengan anak prajuritnya turun ke masyarakat dan tidak boleh menggunakan kekerasan, harus dengan hati. Juga, tidak bisa menggunakan pendekatan kepada masyarakat dengan jabatan.

Para tentara Siliwangi inilah yang harus menggali sebuah potensi yang ada di tengah masyarakat Jawa Barat dalam menanggulangi Sungai Citarum. Karena penyebab ini semua adalah manusia. Manusia ini tidak pernah terlepas dari perilaku. Yang dilakukan bapak Doni Monardo bersama tentara Siliwangi merubah perilaku masyarakat Sungai Citarum.

Bapak Doni Monardo menyarankan menggunakan metode pendekatan pada masyarakat dalam membangun kesadaran menjaga sungai, salah satu contohnya adalah Sungai Citarum. Saat ini, Sungai Citarum sudah lebih baik.

Wah, hebat sekali ya Kepala BNPB yang satu ini! Dengan melakukan cara ini, Sungai Citarum menjadi bersih dan bebas limbah. Selamat pak, kami bangga! (MA)

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar