Tsunami Dibalik Mitos Nyi Roro Kidul

Tsunami  Dibalik Mitos Nyi Roro Kidul

Lukisan Nyi Roro Kidul oleh Basoeki Abdullah

Pernah tidak kamu berfikir bahwa sebuah mitos bisa melacak tsunami? Jika dilihat dan dibayangkan sekilas, mungkin kamu merasa itu tidak akan mungkin. Tapi, nyatanya benar bisa, lho! Yang dilakukan Dr. Eko Yulianto dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), telah membuktikan bahwa ia dapat melacak tsunami purba dari ratusan tahun lalu.

Dr. Eko Yulianto dan timnya telah membuat video dokumenter yang berjudul The Untold Story of Java Southern Sea, menceritakan tentang perjalanan melacak sejarah tsunami purba yang telah beratus tahun lamanya dengan mitos Nyi Roro Kidul. Dalam video mereka telah menemukan jejak tsunami itu di wilayah Sungai Cikembulan, Jawa Barat. Terdapat lapisan cangkang foraminifera yang berasal dari laut yang terbawa tsunami, itu terjadi sekitar tahun 1600 atau 400 tahun yang lalu.

Sebagai informasi, tsunami bukan hanya terjadi 400 tahun yang lalu, tapi sebelumnya juga pernah terjadi. Tsunami 400 tahun lalu itu, diduga sebagai awal mula munculnya legenda Nyi Roro Kidul. Ini terlihat dari jejak lapisan yang ditemukan oleh Dr. Eko Yulianto dan tim. Apa yang dilakukannya saat ini merupakan cabang ilmu yang mengaitkan cerita mitos dengan peristiwa alam yang disebut dengan Geomitologi. Dengan terungkapnya ini, Dr. Eko Yulianto berharap bisa melakukan hal serupa dengan mitos-mitos yang berbeda lainnya. Leluhur kita di Indonesia juga sudah mengalami bencana alam sejak lama. Namun, karena minimnya ilmu dan pandangan serta kepercayaan orang zaman dulu maka kejadian bencana menjadi kisah-kisah mitos seperti Nyi Roro Kidul.

Wah, ternyata leluhur kita sudah menitipkan pesan berupa peringatan akan ancaman bencana. Mari kita bekali diri agar bisa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana! (MA)

Sumber : National Geographic

Dipost Oleh Mutia Allawiyah

Hello, Disasterizen! It's me Mutia. I'm a content writer at Siagabencana.com. I'll provide information about natural disaster preparedness. Nice to know you guys, cheers!

Tinggalkan Komentar